Sabtu, Oktober 26, 2013

Yeeaaayy Bunda Bisa Nyetir

Alhamdulillah setelah 5 tahun belajar stir akhirnya bunda bisa stir...horee...yippi...jingkrak-jingkrak...kayanya sesuatuu banget deh bunda bisa stir wkwkwk....kebayanglah gimana duluuu perjuangannya belajar stir...

Bunda ini penakut bener...sejak 5 tahun yang lalu mulai belajar stir, emang sih belajar stirnya ga rutin...ya kadang-kadang aja, kadang stop setahunan wkwkwk...baru mulai lagi belajar.

Pernah ikut kursus stir mobil sampe ambil 2x paket, ga lancar-lancar juga...Waktu pertama ikutan kursus ambil paket yang 8x pertemuan belum berani juga setelah selesai kursus...sejak itu stop gak latihan lagi, setahun kemudian ikut kursus lagi ambil yang 5x pertemuan, selesai kursus ga lancar juga stirnya...wkwkwk..kata instruktur setirnya, ga punya nyali sih...kalau nyali bisa saya kasih, saya kasih nyali saya deh... pernah juga semingguan latihan stir sama kakak, komentar kakak, sudah bisa sih sebenarnya...tinggal di lancarin. Oya waktu itu bunda latihan pakai mobil xenia manual. Waktu itu bunda alasannya sama abah karena mobilnya gede jadi ga berani #alasan wkwkwk padahal mah emang penakut.


Awal-awal latihan di komplek GDC yang kebetulan sepi dan luas, disana memang banyak yang belajar stir bahkan dulu ada tanah kosong yg biasa di buat latihan mobil-mobil. Awal latihan, kepala bunda tegang, cuma bisa liat  lurus ke depan ga bisa nengok-nengok wkwkwk..... ga bisa liat-liat spion, tangan kaku/kenceng pegang stir padahal katanya ga boleh nih bahaya, tangan harus rileks. Awal latihan sama abah belajar ukur jalan maksudnya jarak posisi mobil dengan trotoar, belajar belok kanan belok kiri. Setelah belajar sama abah, baru ikutan kursus maksudnya mau ngelancarin, ternyata ga lancar-lancar hahahaa...kalau di tempat kursus ini latihan langsung ke jalan raya, dan yang ga puasnya ternyata mobil latihan mobil itu di desain khusus jadi punya 2 kopling dan 2 rem, jadi ya serasa bukan kita yang jalanin tuh mobil karena masih di bantu sama instrukturnya. Jadi di depan instrukturnya ada juga rem dan kopling. Mangkanya kadang kalau pakai mobil sendiri kok beda, waktu latihan di kursus kita lancar-lancar aja, ya iyalah...masih di bantuin sama instrukturnya karena ya itu tadi mobilnya  di desain khusus.

Sampai akhirnya abah beliin bunda mobil uhuy...alhamdulillah, dengan body yang lebih kecil dari xenia yang kita punya sebelumnya. Abah beliin yang matic, awal bunda pakai matic bunda berfikir "iih serem ga di gas aja jalan sendiri" jadi awalnya udah takut duluan fuiih. Beda dengan emak satu ini, mak mia ketika pertama kali coba mobil maticnya kesan yang di dapat " ih asyiik ya ga di gas aja jalan sendiri" dan dia sukses dengan cepat bisa stirnya. So...jadi harus di ganti mainset nya ya ibu-ibu....

Hari kedua pakai jenk sri (sirion) bunda mulai bisa mengenali mobil matic ini, ternyata kuncinya kontrol gas dan rem...hari selanjutnya bunda mulai merasakan enaknya pakai matic...ternyata gampiil ibu-ibu huehehe....sampai-sampai emak satu ini bilang "tuh kaan aku bilang juga apa...matic itu gampang, dari dulu aku suruh ambil matic, di kau ga mauu" hahaha...iya ekke udah takut duluan sih kemarin, banyak yang kecelakaan karena mobil matic.  

Dan setelah seminggu keliling komplek dengan si jenk sri...selanjutnya bunda merasa bisa mengukur kemampuan sepertinya berani ke jalan raya sendiri. Oya waktu awal punya jenk sri ini bunda rencana mau kursus lagi, tapi alhamdulillah punya tetangga yang menyemangati, menurut mereka ga usah kursus lagi, belajar aja sendiri. Ada satu tetangga bunda yang bilang, "lakukan apa yang kamu bisa, kalau bisanya cuma di komplek saja ya sudah keliling komplek saja". Bunda ikutin saran tetangga bunda tersebut, keliling komplek selama seminggu, ternyata nyali dengan sendirinya muncul, setelah seminggu keliling di komplek merasa tidak ada tantangan lagi dan merasa siap/berani ke jalan raya. Ini di buktikan hari senin siang bunda memberanikan diri jemput sarah pulang sekolah...alhamdulillah sukses saudara-saudara....dan euforia nya itu seperti ingin jingkrak-jingkrak koprol jungkir balik wkwkwk...lebaay dah...cerita terus ke suami yeeaay bunda bisa stir....hari berikutnya coba jemput sekolah Azra yang rutenya lebih menantang, alhamdulillah berhasil. Bisa stir itu impian bunda dari dulu, karena bisa stir itu udah kebutuhan bukan buat bergaya. Ya iyalah...kalau bisa stir kan lumayan hemat bayar antar jemput anak-anak, 2 anak bisa 600rb buat antar jemput. Selain itu kalau mau belanja bulanan bisa belanja sendiri ga perlu bayar taxi ga perlu nunggu abah bisa anter.

 Ayoo mak yang belum pada bisa stiir semangaaat....ekke ini penakut bener loh...alhamdulillah berhasil bisa stir, cuma masalah waktu aja hehe...mungkin ada yang cepat berhasil, ada juga yang lama berhasil nyetirnya seperti bunda. Ini juga tentunya berkat doa ibu bunda, waktu ibu bunda umroh kemarin, bunda titip doanya biar bisa nyetir hehehe...

Mungkin banyak faktor yang akhirnya bisa membuat bunda bisa stir, dulu waktu bunda belum bisa-bisa stir ada teman yang bilang " belum kepepet kali". Nah kali ini memang bunda berada dalam posisi kepepet, kebetulan ART mau nikah dan ga kerja lagi, jadi bunda manfaatkan waktu yang tersisa untuk latihan stir, mangkanya selama seminggu bunda latihan sendiri di komplek, agar ketika tidak ada ART bunda udah bisa mandiri, kalau sudah bisa stir kan kalau pergi ke mana-mana, bisa ajak anak-anak kalau tidak ada yang menemani anak-anak di rumah.

6 komentar:

  1. Alhamdulillah Bunda, jadi penyemangat buat daku nih ...

    BalasHapus
  2. @fitri, hayuuh atuh masa kebalap ekke
    @lidya, hahaha belum berani lewat tol nya

    BalasHapus
  3. Hahaha...uhuyy keren dah si bunda. Brarti bisa diajak bareng2 ke anggada sama kopdar2 dong yah :D

    BalasHapus
  4. saya belum berani. Di lampu merah masih sering mati. Kalo belok kadang2 ampir nabrak. Hati cenat cenut ketakutan.
    ( fira )

    BalasHapus
  5. Auuuh kirain cuma sy aja yg lama bisanya hehehe....sebenernya sy juga dianggap sudah bisa tapi..tau tuh suka ga stabil...kadang panikan udah deh jiper ga mau diterusin...sebenernya hari ini sy udah mau nyerah aja....eh pas baca tulisan ibu ini sy jd semangat lagi...walaupun mobil sy bukan matic..

    bismillah ya nyetir adalah kebutuhan... ma kasih bu

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik