Minggu, Januari 06, 2013

Cinangneng Bukan Sekedar Liburan...


Kasihan ya...anak-anak zaman sekarang...kalau mau liburan...harus bayar mahal...dulu zaman bunda kecil liburan seru ga pakai biaya mahal...masih banyak ruang terbuka, lapangan untuk bermain...permainannya pun sangat sederhana tapi menyenangkan...zaman bunda kecil ngalamin bermain karet, main galasin, main petak umpet, main kasti dulu zaman bunda nyebutnya mai geboy hahaha...lalu ada juga main demprak...ah banyaklah...Beda dengan anak-anak sekarang, lebih banyak permainannya dengan bermain game, kadang kalau berupa aktifitas kebanyakan di indoor di mall...ataupun di outdoor yang tentunya biayanya tidak murah.

Nah liburan kali ini, bunda ajak azra dan sarah ke Kampoeng Wisata Cinangneng, bunda tahu info ini dari Vera, mama azka. Bunda memang lebih suka mengajak anak-anak pergi rekreasi yang outdoor yang banyak kegiatan dan belajarnya, jadi rekreasi tidak hanya sekedar senang-senang tapi ada juga yang bisa anak-anak pelajari, dan Cinangneng salah satunya.

Untuk info lebih jelasnya tentang Cinangneng klik webnya aja ya, klik disini


Sebaiknya sih kalau mau berkunjung ke sini harus telpon dulu, karena ga seru juga ya kalau cuma sedikit yang ikutan, kata pegawai di sana, minimal yang ikut 20 orang, kalau kurang dari 20 orang bisa saja tapi tidak bisa mengikuti menari dan main angklung karena minimal yang harus ikut 20 orang. Iya juga sih kalau tidak sampai 20 orang, nanti tidak bisa memainkan lagu dong, karena yang memainkan angklungnya pasti kurang.

Bunda ambil paket Tour Pulang Kampoeng bayar 115rb seorangnya, fasilitasnya lihat di webnya saja ya....diantaranya menanam padi dan memandikan kerbau. Abah sempat komentar...beuh main ke sawah aja bayarnya mahal....mending di sawahnya aki aja gratis hehe...iya aneh ya padahal aki eni nya di soreang bandung punya sawah....ya gitu deh kalau ga di moment liburan kaya di cinangneng gini, mana mau mereka turun ke sawah...

Pertama-tama kegiatannya melukis topi caping.

 

 


 

Setelah itu membuat kue bugis dan minuman wedang jahe.

 

 


 

Kemudian membuat wayang dari batang daun singkong.


 
Tarrraaa hasilnya nih...

 

Bermain gamelan.




Dapat makan siangnya nih...mantaaps...
 

Tour keliling kampung melewati pematang sawah dan melihat home industri, pembuatan obor dari bambu dan macam-macam kerajinan kayu, batok kelapa. Sepanjang jalan, pemandunya mengenalkan jamban, daun-daunan yang bisa di jadikan obat-obatan.

 

Menanam padi.

 


 

Ada yang jijik turun ke sawah nih...anak anak awalnya pada jijik nih turun ke sawah....selanjutnya malah ga mau berhenti..

 
Memandikan kerbau. Biasanya memandikannya di kali, tapi berhubung kalinya lagi deras habis hujan, jadi memandikan kerbaunya di sawah juga.

 

Membersihkan sandal.

 

Mandi di pancuran. Saat mandi di pancuran bunda sempat dengar mereka ngobrol katanya seruu yaa...beuuh padahal waktu mau di ajak ke sini kata azra, ga mau ah mandiin kerbau..

 

Main angklung.

Ke toko souvenir.

 

Alhamdulillah senangnya liburan kali ini membawa pengalaman baru buat anak-anak, walaupun bayarnya agak mahal tapi tidak akan rugi dengan semua kegiatan yang di dapat.































13 komentar:

  1. Iniii akan menjadiiii tempat liburan slanjutnyaaaa yeayyy

    BalasHapus
  2. waah.. makasih buat sharing tempat liburan ini... dicatat..!

    BalasHapus
  3. Waa seru nih bu.. tapi anaknya udah harus agak gedean yah? Keren deh acara2 nya :)

    BalasHapus
  4. mas dzaky dah pernah kesini waktu TK dulu ma skulnya, oleh2nya caping yg dilukis itu...ayah, ibu dan adik2nya belum nih...kayaknya seru kalo sekeluarga ya.

    * bun, ciyus masih gak bs komen dirmhku ya?"

    BalasHapus
  5. hihihi.. aku tertarik utk menanam padinya. belom pernah ngerasain :D

    BalasHapus
  6. @mey, yaahhh...
    @niken, yuuk pasti seruu kok...
    @mia, iya mia kalau anaknya segede aira mah belum bisa, aku aja kemarin nuha ga di ajak
    @

    BalasHapus
  7. @fitri, iya ga bisa, kayanya memang bukan karena jaringannya tapi blogku yang masalah ada beberapa blog yang aku ga bisa komentar....tp aku ga bisa benerinnya, kemaren pas pake template baru malah ga bisa lihat komen orang yang masuk, mangkanya aku ganti template eh malah ga bisa komen ke orang...
    @easy, hihi...aku aja yang punya sawah di kampung mertua belum pernah turun sawah kalau enggak pas di cinangneng ini...

    BalasHapus
  8. @fitri, salah maksudnya pas template lama ga bisa lihat komen org di blogku.

    BalasHapus
  9. @niken, barusan juga komen di postingan senangnya hatiku, tapi ga masuk komennya...btw rumahnya dimana mbak niken?

    BalasHapus
  10. Selamat pagi, Ibu.
    Saya Annisa, mahasiswi tingkat akhir S1 Institut Pertanian Bogor. Saat ini saya sedang melakukan penelitian di Kampoeng Wisata Cinangneng. Saya lihat di blog Ibu, ibu & kelg sdh pernah mengunjungi Kampoeng Wisata Cinangneng. Jika berkenan dan tidak keberatan, apakah Ibu Dea mau jadi responden penelitian skripsi saya mengenai media promosi Kampoeng Wisata Cinangneng? terima kasih.

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik