Kamis, April 18, 2013

JALAN-JALAN SERU, SAMBIL BELAJAR, DAPAT PENGALAMAN DAN BERPETUALANG.

Hello Keke dan Naima....kita sudah pernah bertemu beberapa kali loh...ingat ga? mmm...pasti ga ingat ya...? ga apa-apa deh...teman Bunda Chi kan memang banyak ya...wajar kalau tidak ingat.

Kali ini bunda mau sharing beberapa tempat jalan-jalan yang seru...pasti kalian suka deh...tempat ini wajib kalian kunjungi...

MUSIUM IPTEK
Pertama, tempatnya ini adalah musium IPTEK..... aah dengar kata musium pasti langsung ga suka ya...membosankan...eeh tunggu dulu...ini musiumnya menarik loh...kalau datang ke musium ini kamu jadi tambah pinter, karena kita bisa sambil belajar, banyak hal-hal baru yang bisa kita dapat...pokoknya nanti Keke dan Naima akan terkagum-kagum, dan heran kok bisa begini ya? kok bisa begitu ya?

Memangnya ada apa sih di sana? pasti penasaran ya....? dilihat yuuk beberapa fotonya :

Nah loh kok badannya tidak ada ya? seperti sulap ya... pasti bingung kan? lihat tuh anak bunda pada ketakutan, lihat bunda muncul kepalanya aja ga ada badannya hahahahaa....

Nah kalau ini ada di ruangan Listrik dan Magnet, kalau kita sentuh bola ini, energinya mengikuti arah jari kita dan rambut kita bisa berdiri loh hehe...


 Kalau kita kayuh sepedanya, tengkoraknya mengikuti gerakan kita...

 Ini piano besar yang bisa kita injak-injak, nanti akan mengeluarkan suara musik.

Kalau ini percobaan peluncuran roket air. Biasanya peragaannya pagi...ada jadwalnya di jam-jam tertentu saja.
Kalau yang ini kita bisa lihat-lihat bagian mesin pesawat terbang...ayo siapa yang berminat jadi pilot? 

 Puzzle tengkorak

Ini demo sains, melatih otak kita, di suruh membaca tulisan tersebut tapi harus di baca dengan cepat.

 Peragaan balon di panaskan dengan api tapi tidak meletus.

Yang berasap di foto itu tidak panas loh, tapi dingin karena itu adalah nitrogen cair. Oya peragaan sains ini hanya di jam-jam tertentu.


Ini rumah simulasi gempa, jadi nanti kita masuk rumah itu dan tiba-tiba rumahnya bergoyang seolah-olah ada gempa. Ini juga di jadwal hanya ada di jam-jam tertentu saja.
                                                        -Foto di ambil dari sini-

 Mau yang lebih seru lagi? berani ga coba naik sepeda di atas kawat seperti ini? hehehe...sereem ya...
                                                          -Foto diambil dari sini-

Bagaimana Keke dan Naima tertarik untuk ke sana? Kebetulan weekend ini tanggal 20-21 april 2013 akan di adakan lomba roket air pesertanya para pelajar...mmm...pasti ramai, info lomba roket air ini bunda lihat di webnya.

Selain Musium IPTEK, bunda mau share tempat jalan-jalan yang menarik juga...ini di jamin seruu abiis...bisa menambah pengalaman.

KAMPOENG WISATA CINANGNENG
Yaah...bunda kok ajak jalan-jalannya ke kampung sih? Tadi ke musium sekarang ke kampung qiqiqiqii....lihat dan baca aja dulu deh....

Kalau rekreasi yang uji nyali sudah biasa kan ya? gimana kalau di ajak kotor-kotoran turun ke sawah, berani ga? iiihh...jijik yaa. Tapi sekali-kali merasakan kehidupan di kampung juga ga apa-apa, buat pengalaman, ternyata seru juga kok.

Kampoeng Wisata Cinangneng ini lokasinya di Bogor. Kalau mau ke sini lebih baik telpon dulu ya...Namanya saja sudah Kampoeng, pasti kegiatannya di sana seperti suasana di kampung.

 Kita di ajak melukis topi caping, nanti topinya boleh kita bawa pulang.

 Membuat kue bugis, nanti kita cobain kuenya kalau sudah matang.

  Membuat minuman wedang jahe.

 Membuat wayang dari daun singkong.

 Ini hasilnya....wayang daun singkong.

 Di ajak bermain gamelan.

Jalan-jalan di pematang sawah, kebun, sambil ke lokasi home industri tempat pembuatan alat-alat dari batok kelapa.

Turun ke sawah memandikan kerbau. Biasanya memandikan kerbaunya di kali, tapi berhubung kemarin kalinya deras habis hujan, jadi kita memandikan kerbaunya di sawah.


 Menanam padi.
Memainkan alat musik angklung. Untuk memainkan alat musik angklung ini pesertanya harus banyak ...kalau sedikit ga bisa main angklungnya.

 Bersih-bersih mandi di pancuran.

Kita bisa naik getek, kalau ambil paket tertentu, untuk informasi lihat di webnya.
-Foto di ambil dari web Kampoeng Wisata Cinangneng-

 Bisa juga foto ala di kampung. Inipun kalau ambil paket wisata tertentu.
-Foto di ambil dari web Kampoeng Wisata Cinangneng-

 Kalau pesertanya banyak bisa di ajarkan menari.
-Foto di ambil dari web Kampoeng Wisata Cinangneng-

Nah sudah di ajak jalan-jalan penuh pengalaman, sekarang bunda mau share tempat yang menarik untuk di kunjungi, saatnya berpetualang.

UJUNG GENTENG
Wisata Ujung Genteng ini lokasinya di Sukabumi. Tapiii....sangaat jauuuuhh sekali....kalau dari jakarta bisa 7-8jam hahahaa...lama ya...ya hitung-hitung sambil berpetualang. Lokasi jauh begitu, memangnya ada apa sih di sana? ada pantai....aah pantai aja ngapain jauh-jauh sih? eiits tunggu dulu ....ada yang menarik pastinya, kalau jauh cuma ada pantai, ga akan bunda rekomendasikan. Jadi di lokasi ini ada tempat penangkaran Penyu. Widiiw...seru kan? tertarik kan? qiqiqi....

Pantai ujung genteng masih pantai alami belum di kelola sama pemerintah daerah setempat. Jadi kalau mau ke sana ya harus banyak-banyak cari informasi, tempat penginapan yang bunda rekomendasikan di sana namanya Hexa. Disana pantainya masih alami, pasirnya putih, masih banyak kerang-kerangnya, kepiting dan batu karang. Seperti gambar di bawah ini :

 


 Di depan penginapan kita pasirnya masih banyak tercampur karang dan kerang.

 
Nah kalau ini pasirnya sudah bersih, pasir putih.

Kalau mau ke lokasi penangkaran penyunya harus naik ojek dari tempat penginapan, penduduk sana menyewakan ojeknya pulang pergi seharga 40 ribu. Disinilah petualangan di mulai, perjalanan menuju ke penangkaran cukup menegangkan karena jalannya masih rusak. Kita harus malam hari ke sananya, karena penyu bertelur di malam hari. Oya kalau lihat penyu bertelur tidak boleh berisik dan tidak boleh banyak cahaya karena penyunya bisa tidak jadi bertelur karena merasa terganggu kalau terang dan berisik.

Di lokasi penangkaran kita bayar tiket tapi murah kok, sayang bunda lupa bayarnya berapa. Nanti kita bisa lihat Tukik (anak penyu) kalau kebetulan ada yang menetas, kalau mau ikut melepas tukik di pantai, kita harus menginap di penangkarannya, karena tukiknya di lepas ke pantai nya di pagi hari. Tapi waktu itu bunda tidak sampai menginap di penangkaran, kasihan anak-anak, jadi selesai lihat penyu kita kembali lagi ke tempat penginapan. Berikut foto-fotonya...

 
Setelah menunggu di posko, nanti petugasnya memberitahu kita, kalau ada penyu yang bertelur. Barulah kita ke lokasi melihatnya. Kalau Penyu sedang mengeluarkan telurnya, tidak apa-apa ada cahaya sedikit, yang tidak boleh kalau si penyunya lagi gali-gali pasir siap-siap bertelur...itu tidak boleh ada cahaya.

 


Ini dia tukiknya lucu yaa...anak penyu di sebutnya tukik.

Oya melihat penyu ini untung-untungan loh...bisa juga kita sudah menunggu lama di malam hari ternyata tidak ada penyu yang bertelur. Jadi sebaiknya kalau datang ke sana harus di musim penyu bertelur.

Pagi harinya kita bisa jalan-jalan di pantai, bisa lihat perahu nelayan, lihat tempat pelelangan ikan, para nelayan menjual ikannya di pelelangan ini. Ikannya segar-segar, bisa langsung bakar di penginapan. Ada penginapan yang menyediakan jasa membakar ikan atau juga hanya menyediakan tempat bakarnya saja. Ada juga nelayan yang langsung menawarkan ikan hasil tangkapannya datang ke tempat penginapan kita.








Nah selesai sudah bunda berbagi cerita sama Keke dan Nai ke tempat-tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi...ada yang bisa sambil belajar dengan berkunjung ke musium IPTEK, ada juga yang sambil dapat  pengalaman turun ke sawah dan juga sambil berpetualang melihat Penyu bertelur.

Postingan ini di tulis dalam rangka mengikuti lomba :






10 komentar:

  1. waaaa jalan2 yg menyenangkan,kpn bs jalan ke situ yak :( pengennnn

    BalasHapus
  2. Wahhhh bacanya aja seru apalagi jalan jalannya...jadi pengennn hehehe

    BalasHapus
  3. waaa.. seru semua jalan2nya, ya :)

    terima kasih udah berpartisipasi :)

    BalasHapus
  4. Fayra nih yang belum diajak ke museum iptek. Kalo Rafa udah pernah.

    Bbrp bulan lalu coba ke TMII, yampuuun di dalam nya macet aja. baru muter danau aja udah habis lebih dari sejam. gak jadi mampir2, karena malas deh. langsung keluar dan pulang

    BalasHapus
  5. Seru jg yah Mba jln2 ksana, mau ajak anak ah ksana :D

    BalasHapus
  6. Jalan jalannya seruu sekalii :)
    jadii pengenn >.<

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik