Senin, Agustus 11, 2008

Apa Itu Filariasis? (Penyakit Kaki Gajah)

Kalau lihat gambarnya ehm serem banget yah…jangan sampai kejadian. Mungkin ada temen-temen yg belum tau apa itu filariasis? Nah di sini bunda jelasin dikit sekalian laporan euy ke dokter muda andrisengihnampakgigi

Latar Belakang

Jadi ceritanya di Depok, filariasis atau penyakit kaki gajah tuh udah menjadi endemi sekitar 1% yg sudah terkena penyakit itu, dan kalau udah endemi gitu harus seluruh kota yg di obatin. Soo…secara serentak seluruh kota depok diadakan pengobatan filariasis tgl 9 Agustus kemaren, dan pengobatan ini rutin selama 5th berturut-turut, tiap tahun sekali. Kenapa harus 5th berturut-turut yah? Karena katanya tuh cacing bisa bertahan hidup di tubuh kita 4-6th lamanya.

Apa itu Filariasis?

Filariasis atau penyakit kaki gajah adalah penyakit menular yg disebabkan oleh cacing filaria yg ada di tubuh kita yg ditularkan oleh nyamuk. Jadi kalau di dalam tubuh seseorang sudah ada cacing filarianya, kemudian di gigit oleh nyamuk, maka nyamuk itu akan membawa penyakit filaria yg akan ditularkan pada orang lain, melalui gigitannya.

Gejala Penyakit

Banyak penderita filariasis tidak menunjukkan gejala sama sekali. Tahap awal mungkin hanya demam dan itupun dapat sembuh dgn sendirinya. Dan jika sudah akut akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, seperti di lipatan paha, buah dada dan ups…sorry, kantong buah zakar dan alat kelamin. Kalau sudah jadi pembengkakan itu akan menjadi cacat seumur hidup. Tapi gejala menjadi bengkaknya itu baru bisa kelihatan 5 th dari sejak terkena filaria.

Pengobatan

Target pengobatan mulai anak usia 2 th – usia lanjut yah sekitar 65 th. Obat yg dikasih berupa Albendazol untuk melumpuhkan anak cacingnya dan DEC untuk menghancurkan cacing dewasanya, juga disertakan parasetamol untuk menghindari gejala pusing dan mual efek dari minum obat cacing tersebut. Setiap usia ada dosisnya, Minum obatnyapun dilaksanakan pada sore hari karena katanya pada sore hari-malam cacing akan keluar ke pembuluh darah jadi akan mudah langsung terkena sasaran. Katanya ada kejadian di daerah lain setelah pengobatan ada loh yg cacingnya keluar lewat hidung iiih…serem…oya untuk wanita hamil dan menyusui dan juga punya riwayat penyakit kronis di tunda pengobatannya.



update : ternyata di Kompas hari ini tanggal 11 Agustus juga membahas penyakit filaria


3 komentar:

  1. Salah satu penggunaan penting dietilkarbamazin (DEC) memang untuk pengobatan masal pada infestasi cacing W.brancofti penyebab kaki gajah.Untuk ini digunakan 5-6 mg/kgBB oral,cukup 1 hari per minggu atau per bulan sebanyak 6-12 dosis.
    Sedikit ralat mbak.Filaria bukan virus,tapi cacing..Di tempatku sampai skr belum nemuin kasusnya.

    BalasHapus
  2. artikel anda di

    http://penyakit.infogue.com/apa_itu_filariasis_penyakit_kaki_gajah_

    anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia widget shareGue dan info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik