Rabu, November 07, 2012

Jalan-Jalan Ke Singapore

 

Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga jalan-jalan ke Singapore. Sebenarnya beli tiketnya sudah dari bulan Maret yang lalu, biasa promo AirAsia, yg belinya sekarang tp berangkatnya kadang tahun depan hahhaa....nah kemarin itu bunda pilih yang berangkatnya 6bulan kemudian...karena di sesuaikan dengan kerjaan abah di kantor juga, katanya kalau bulan November berangkat, abah lagi ga banyak kerjaan jadi bisa cuti...horee...akhirnya kita pilih bulan November, kebetulan azra juga ulang tahun di bulan November, tanggal di sesuaikan dengan ulang tahun azra, beruntung pula, pas berangkat dan pulang dapat tiket yang low price..rezekinya azra hehe...BTW Kadang ada untungnya juga kalau perginya masih lama, bisa kumpulin uang buat uang sakunya, bisa kumpulin uang buat booked hotel, bisa kumpulin uang buat bikin paspor. Kebetulan bunda bikin paspor berempat dengan anak-anak, kalau abah sudah punya. Cara urus paspor sudah pernah bunda posting disini ya.

Kemarin untuk tiket kita berlima, Nuha hitungannya masih bayi karena belum 2th jadi bayar tiketnya ga full, total berlima 2,5jt ternyata harga segitu belum termasuk bagasi, jadi waktu cek in pesawat di web Air Asia kita beli bagasi dulu, sebenarnya untuk 1 koper kecil cukup pesan bagasi yang 15kg, tapi kemarin bunda pesan yang 20 kg, biar aman, karena saat bunda telpon customer service Air Asianya kalau penerbangan internasional kelebihan bagasi di hargai 155rb per kilonya. Jadi daripada kelebihan kena cas nya besar bunda sekalian aja pesan yg 20kg. Harga bagasi 15kg adalah 105rb, kalau 20kg harga 120rb. Dan ternyata....setelah di timbang di bandara, bunda bawa koper 2, masing-masing berat kopernya hanya 7kg dan 8kg. Dan saat pulang dari singapore koper beratnya bertambah hanya 12kg hehe.... itupun koper sudah full isinya. Jadi pelajaran yaa....cukup pesan bagasi yang 15kg saja. Jadi total tiket+bagasi kurang lebih 3jt untuk 5 orang.

Untuk hotelnya bunda pesan hotel Econ Inn....dan ini terjadi kesalahan...maksudnya mau pesan Econ Inn yang di bugis ternyata pas booked online yang ke klik Econ Inn yang di ChinaTown. Bunda baru sadarnya malah pas sudah sampai di Singapore, abah tanya bukannya abah suruh pesan yang di daerah bugis, lokasinya enak, ini kenapa Chinatown? hah...bunda baru sadar...eh ternyata hotelnya itu ada cabangnya ya? hahaha....kirain cuma satu Econ Inn nya...euleuuh...agak merasa bersalah juga, apalagi kata abah di daerah China Town susah cari makanan halal....beneer aja, pelajaran lagi, next time yang teliti yaa...oya untuk booked hotel bunda lihat di web Agoda. Kemarin waktu booked online bunda pesan kamar yang tipe standar tapi kasur queen harga 2 malam 1,7jt tapi ternyata setelah di lokasi mereka bilang untuk tipe standar kasurnya single semua..kita di suruh pesan yg tipe deluxe nambah harga SGD $20. Padahal di web agoda ada pilihan standar kasur queen, entah pegawai hotelnya nakal ga tau juga deh...tapi kata abah sih, memang pas lihat type kamarnya di meja resepsionis, ga ada yang standar dengan kasur queen, ya sudahlah...jadi kita nurut aja di up grade ke type deluxe. Jadi total untuk hotel dengan pembulatan dikit jadi 2jt.

Oya uang saku yang di bawa, bunda tukar uang di bank SGD $400 senilai 3,2jt karena kurs nya 8rb. Karena bunda juga sudah ada receh-receh abah sisa perjalanan kalau tugas keluar sekitar SGD $125 jadi total $500 lebih lah.. itupun sebelum berangkat sudah ambil uang juga ke ATM persediaan kalau di sana nanti kurang tinggal tukar di money changer.

Oke bunda sudah cerita tentang tiket, hotel dan uang saku...dan perjalanan pun di mulai...eng ing eng...hehe

Hari yang di tunggu pun tiba kita berangkat tanggal 4 November jam 3 dini hari...wkwkwk...bunda pesan tiketnya yang jam 5.40 jadi aja harus berangkatnya tengah malam, memang kebetulan yang di jam segitu yang promonya dapat harga low price. Ga kepikiran kalau berangkat jam segitu, ya persiapan berangkat ke bandaranya pun harus tengah malam, maklum ga biasa naik pesawat wkwkwk....jadi kagak tau...sempat say sorry juga sama abah, tapi abah bilang, enak kaya begini kok waktunya bisa pasti kapan sampai bandaranya karena di jamin tidak macet...coba kalau berangkat siang hari waktu sampai ke bandara tidak tentu, karena di tentukan lancar atau macetnya jalanan, di pikir-pikir beneer juga...tapi tetap aja kasihan sama anak-anak, lagi tidur kita angkutin dan akhirnya mereka sukses melek selama perjalanan ga tidur lagi. Kita ke bandara bawa mobil sendiri, perjalanan hanya butuh waktu 45menit dan parkir bandara ini lebih murah loh dibanding naik taxi PP, parkir untuk 3hari cuma bayar 132rb.

Sampai bandara soetta, anak-anak langsung ganti baju tidur dengan baju pergi, pesawatnya terbang lebih awal, jam 5 kita sudah di panggil masuk pesawat, padahal jadwalnya jam 5.40 dan kitapun sampai bandara changi lebih cepat setengah jam. Sarah sangat senang sekali karena ini pertama kalinya dia naik pesawat, dia senyum-senyum aja, tapi ga lama kemudian Sarah dan Nuha pun tidur. Azra yang ga tidur selama penerbangan.

Sampai di bandara Changi kita agak lama juga bingung antara beli kartu ez link sekali jalan atau yang terusan, akhirnya kita putuskan beli yang terusan, kartunya seharga SGD $12 dengan isi SGD $7. Kartu bisa di refund kalau kita mau balik ke Indonesia tapi hangus senilai SGD $5, kartu berlaku untuk 5 th. kalau depositnya habis kartu bisa isi lagi minimal di isi SGD $10. waktu itu kita berdua bingung bagaimana cara menambah/isi kartunya, ini akibat tidak terlalu banyak tanya hehe...gagal terus...sempat kesel juga sama abah, lah gimana ini guide nya? yang sudah pernah tinggal di Singapore beberapa tahun aja kok masih gaptek mengoperasikan kartu Ez link? tapi si abah membela diri katanya kartunya udah laiiin....qiqiqi....setelah bunda ngintip-ngintip orang lain, ternyata itu kartu harus di letakkan bukan hanya di tempel trus di ambil lagi...yaa iyalah kalau kartunya langsung kita ambil lagi, bagaimana mau di isi kartunya haaahaha.... Rupanya bunda ga pinter nyontek...setelah abah isi SGD $2 uang sudah masuk tapi kartu tidak terisi, akhirnya terpaksalah abah tanya petugas loket kartunya eh ternyata minimal isinya SGD $10 saudara-saudara....onengnya kita berdua ga ada yang lihat/baca keterangan di layarnya kalau minimal isinya SGD $10 ampuun daah...wkwkwk...oya untung uang SGD $2 yang pertama masuk itu langsung di ganti sama petugas penjual tiketnya. oke jadi kita beli kartu Ez link sebanyak 4 buah total SGD $ 48. Nuha masih gratis karena batas membeli kartu kalau tingginya sudah mencapai 90cm.

Perjalanan Changi-China Town kurang lebih 2jam karena kita sempat lama bingungnya di Changi hehe...(pas pulangnya ternyata hanya butuh waktu 1jam) Jadi bingungnya 1 jam? mmm...enggak juga sih kita sempat istirahat dulu ke toilet, duduk...dan sempat lama nunggu stroller karena saat kita ambil koper kok stroller kita ga muncul-muncul di mesin pengambilan koper...eh untung ada petugas kebersihan yang kasih tau tempat ambilnya, ternyata bukan di bagian koper-koper, mungkin petugas tersebut memperhatikan kita kali ya...wajah-wajah turis bingung hehe...keselnya sih dari tadi abah sudah bunda suruh tanya...tapi ga tanya-tanya...bunda mau tanya sayangnya bahasa inggrisnya terbatas hehe...pelajaran lagi, pinter-pinter belajar bahasa inggris ya jadi ga susah mau tanya-tanya di negeri orang. Padahal itu baru Singapore yang masih ada bahasa Melayunya..setelah nya bunda jadi tau ternyata banyak juga yang bisa bahasa Indonesia qiqii..seperti di bagian imigrasinya menyapa dan bertanya dengan bahasa Indonesia. Eh kenapa bunda jadi banyak cerita ngelanturnya ya? Oya jangan takut nyasar di Singapore, karena banyak brosur peta/map keliling Singapore dengan rute MRT. Paling bunda yang agak bingungnya saat pergantian MRTnya...karena ada 3 perlintasan.

DAY 1
Oke akhirnya kita sampai juga di China Town, keluar dari pintu MRT China Town ternyata banyak yang jualan souvenir...asyiik, disini lagi-lagi abah malas tanya jalan mosque lokasi hotel kita, padahal ternyata hotel kita dekat di gang sebelahnya beuh...udah jalannya muter arah yang lebih jauh. Setelah sampai di hotel Econ Inn, ternyata hotelnya itu kecil,kalau buat ukuran di sini mah itu hotel apa losmen ya? hehe...tapi paling tidak kamar mandinya bersih lah...ga buruk-buruk amat kamarnya, masih nyaman buat tidur. Hanya saja karena itu daerah China jadi yaa...ada aroma-aroma khas China lah...dan bunda agak terganggu dengan aroma ini. Sudah baca postingan bunda di atas kan? jadi agak susah cari makanan halal disini, ada sih di ujung jalannya masakan india tertulis halal...tapi abah ga suka makanan india.

Sampai di hotel, kita makan pop mie yang kebetulan di bawa, dan kebetulan pula hotelnya ada teko buat masak air panasnya. Kita makan pop mie karena belum tahu daerah sana tempat makan yang halal. Jadi lumayan juga tuh sebaiknya dari indonesia kita sudah bekal pop mie, roti-rotian dan cemilan lah....Selesai pada makan, abah malah tidur..anak-anak juga nyusul tidur...jiiiahhh datang jauh-jauh cuma numpang tidur?? ya sudahlah...bunda ngalah...kasih waktu mereka untuk tidur (Pelajaran lagi yaa....jangan ambil penerbangan pagi hari, karena kita ke bandara pasti berangkat tengah malam, ujung-ujungnya sampai lokasi malah tiduur eehh...

 

Jam 2 siang sudah pada bangun, biar segar bunda suruh pada mandi dan kita rencana ke Clarke Quay mau naik Hipo River Cruisin. Dari China Town hanya turun 1 stasiun. Tapi ternyata kita tidak beruntung, sampai di sana malah hujan deras...kita nunggu lama di sana sampai hujan berhenti, anak-anak udah bete, hampir 2 jam kita di sana cuma bengong aja memandangi hujan...jadi gagal lah kita naik Hipo River Cruisin.


 

Baru sampai masih cerah eh pas jalan cari-cari tempat jual tiket hiponya tiba-tiba gerimis...

 
Di Clarke Quay jalanannya di tutup payung besar seperti ini...mmm seperti di Nabawi ya...jadi ga kehujanan walaupun ga bawa payung, tapi sedihnya ga bisa duduk disini karena kursi-kursi yang ada di cafe rata-rata di rantai jadi kita ga bisa duduk. Hujan lumayan lama 2jam kita terjebak disini...toko-toko masih tutup...akhirnya syukur-syukur ada tempat duduk dekat toilet hahaha...menyedihkan.

Setelah agak reda, kita memutuskan untuk pulang ke hotel, tapi berhubung kita belum makan, abah mengusulkan cari makan di lucky plaza, naik MRT lagi, sesampainya di lucky plaza bunda ga tertarik, ternyata sama aja dengan mangga 2, crowded bunda ga nyaman kalau sudah penuh seperti itu. Memang kita ke sana hari minggu, penuh sama para pekerja TKW yang biasanya hari minggu mereka dapat jatah libur. Disinipun kita bingung cari-cari tempat makan, bunda suruh abah tanya, dapat informasi katanya di lantai 6, akhirnya kita naik lift ke lantai 6, setelah sampai di lantai 6 ternyata malah sepi, kosong ga banyak toko, akhirnya kita tanya-tanya lagi katanya di bassement, bener aja ketemulah foodcourtnya tapi ya ampyuun ...ga ada kursi kosong semua terisi, mau ga mau kita nunggu kursi kosong...duuh bunda sudah kasihan aja sama anak-anak, sudah capek jalan, sudah sore belum makan, abah menyarankan kita pesan makan nasi padang saja, aman kehalalannya, daan...setelah pesan makanan pun...kecewa euy, nasinya dingin, ayam gorengnya masih mentah dalamnya, dan telur ceploknya yang setengah matang masih cair sekali kuning telurnya, sediiih deh bunda, kasihan sama anak-anak, akhirnya anak-anak cuma makan nasinya aja huhu...jauh-jauh ke negeri orang sengsara...maunya abis capek jalan kita makan enak. 

Oya makanannya seharga $5. Bunda yang tadinya laper ga selera lihat menu anak-anak, tapi pas lihat menu nya abah lumayan kembali berselera, nasinya hangat lauk bakso ikan pedasnya enak, seharga $6. Akhirnya bunda ikut pesan makan nasi goreng rendang, pas makanan datang ternyata nasi gorengnya itu seperti nasi kuning karena warnanya kuning harganya $5,5 dan minumannya segelas milo hangat seharga $1,5 juga minuman kalengnya seharga $1,7. Selesai makan kita langsung kembali ke hotel.Dalam perjalanan pulang ke hotel kita mampir ke 7eleven beli roti dan minuman buat cemilan di hotel total belanja $7.

 
Ini makanan pesanan anak-anak di makanan padang pesan ayam goreng, telor ceplok dan oseng toge, ga ke makan. Harga $5

 
 Ini Pesanan abah, oseng pare lumayan, baso ikan pedasnya lumayan tapi ikan filet asam manisnya ga enak. harga $6

 
 Ini Nasi goreng rendang pesanan bunda, nasi gorengnya ternyata kuning, rendangnya lumayan, bisa pilih daging kambing atau daging sapi. harga $5,5

Jadi total pengeluaran hari pertama:
Kartu Ez link 4 buah $48
Up Grade hotel $20
makan+minum $19,7
cemilan & 7eleven $7
TOTAL $94,7

DAY 2
Hari ke-2 subuh-subuh sudah hujan lagi...waa....bunda khawatir hari ke-2 gagal lagi ga bisa jalan-jalan...jauh-jauh ke negeri orang malah cuma numpang tidur aja...sholat subuh bunda berdoa semoga cuacanya mendukung. Alhamdulillah jam 8pagi cuaca kembali cerah, senangnya...rencana hari ini adalah ke Mustafa toko yang buka 24 jam, kembali ke Clarke Quay buat naik Hipo River Cruisin, ke Merlion dan terakhir ke Sentosa. Tujuan pertama pagi ini adalah Mustafa karena buka setiap saat kalau pagi kita ke Hipo dulu pasti belum buka tiketnya. Sebelumnya kita isi/nambah deposit kartu Ez Link kita masing-masing $10 karena minimal pengisian adalah $10, TOTAL $40.

Di mustafa ternyata souvenirnya lebih mahal dari pada yang di jual di china town...yaa iyalah Mustafa kan supermarket ternyata, jadi siapa tuh ya postingannya bilang di mustafa lebih muraah? ternyata yang kita searching di internet lum tentu benar juga informasinya, jadi gini yaa kebetulan MRT china Town dekat tukang jualan souvenir kalau bunda sambil jalan lihat harga yang di bandrol untuk gantungan kunci $1 sedangkan di Mustafa dengan gantungan yang sama (gantungan kunci yang bisa jadi gunting kuku dan bisa juga buat bukaan botol) seharga $12,9 untuk 6 buah jadi harga lebih mahal lebih dari $2 satu nya. Trus katanya di mustafa ada kaos murah 3 buah $10....preet....di mustafa adanya kaos 1 seharga $10, tidak ada yang di jual 3buah $10. Sedangkan di china town ada pilihan kaos dari kualitas biasa saja sampai kualitas yang bagus, kalau kualitas yang biasa saja ada yang jual 4 buah untuk $10, atau 3buah $10 dan sampai yang kualitasnya bagus 1 buah $10-$12,9. Tapiii...kalau memang mau cari oleh-oleh coklat silahkan pilih-pilih di mustafa, di sana banyak pilihan coklat...sampai bingung mau pilih yang mana. Karena kalau di ChinaTown ga ada yang jual coklat.

 

Akhirnya dari pada jauh-jauh ke mustafa ga beli apa-apa nanti abah manyun...ya sudahlah bunda beli coklat kotakan yang coklatnya bentuk Merlion kebetulan ada promo beli 1 dapat 2, seharga $8.9. juga beli 1 renteng gantungan kunci yang isi 6 buah $12,9 beli coklat yang berbentuk batu kerikil seharga $3,2 dan cemilan roti TOTAL belanja di mustafa $34,30 sudah termasuk pajak.

Di mustafa bunda belanja merasa ga nyaman karena tempatnya itu sempit berantakan, kalau orang bandung pasti tau tempat belanja BORMA..nah seperti itulah...lorong-lorongnya sempit. Keluar dari Mustafa malah ketemu toko souvenir, ya sudah bunda malah belanja di sana, beli pulpen kepala merlion yang bisa nyala kalau di tekan ujung pulpennya seharga $1 bunda beli 1 pack isinya 24 buah, beli tas dan kaos yang di bandrol 3 macam $10. TOTAL belanja disini $34 termasuk pajak.

Dari Mustafa, kita ke Clarke Quay naik hipo, perahu sungai, kalau tiket normal perjalanan PP untuk dewasa $18 untuk anak-anak $13, tapi kita hanya sekali jalan dengan tujuan esplanade hanya bayar masing-masing dewasa dan anak-anak tiketnya sama yaitu $8. TOTAL $32 untuk 4 tiket, boleh bawa stroller tapi di lipat. Ternyata perjalanan di sungai ini cukup lama...lumayan puaaas...karena kita ikut sampai ujung perjalanan dulu yaitu Marina Bay, padahal lokasi lebih dekat esplanade, tapi katanya sampai Marina dulu kita di antar ke esplanade pas perjalanan balik, waah malah enak makin lama dong naiknya hehe...patut di coba loh...

 

 
 Menunggu hipo berangkat.

 



Dengan latar Marina Bay


Latar Merlion masih di atas hipo

 

 
 Esplanade

Turun di Esplanade, kita jalan menuju Merlion, sebenarnya sepanjang jalan kita nyaman, walaupun jalan di pinggir jalan raya tapi di sediakan jalan khusus pejalan kaki yang sepanjang jalan di tanami bunga-bunga...tapiii...anak-anak udah manyun aja...qiqiqi...ternyata azra agak lecet kakinya huhu...kasihan...di suruh pakai sepatu biar nyaman malah pilih sendal crocnya, sarah terpaksa bunda gendong. Sampai Merlion anak-anak mogok ga mau di foto...waaa...menyebalkan udah jauh-jauh ga mau di foto...akhirnya bunda rayu-rayu dapat lah masing-masing sarah dan azra 1 jepretan kalau nuha malah seneng banget ya iyalah dia kan naik stroller haha....pas sampai merlion ada patung merlion nya yang kecil dia seneng banget.



 



Sampai merlion kita kelaperan mau makan, cari tempat makan pastinya di sana mahal-mahal, akhirnya kita istirahat dulu sambil ngemil roti yang kita beli di Mustafa, abah memutuskan kita makan McD, kebetulan abah tau lokasi McD karena dulu zaman bujang sempat ngantor daerah sana. Akhirnya kita jalan lagi uhuuy...wkwkwk....azra tukeran sendal sama bunda biar ga lecet. Akhirnya kita sampai di McD, sayangnya pas dengan jam istirahat kantor, kita memutuskan take away saja, makan di pinggir sungai namanya Boat Quay, anak-anak seneng kembali nyengir pas dapat es krim McD, nuha bobo dengan pulas di strollernya. Oya untuk makan di McD kita habis sekitar $15 karena yang beli abah jadi bunda ga tau tepatnya berapa, seharga itu sudah dapat 4 burger, 2 kentang, 2 es krim dan 1 minuman.

 
 Senangnya anak-anak kembali ceria setelah dapat es krim, akhirnya...

Banyak yang kerja kantoran istirahat duduk-duduk di Boat Quay ini...sekedar memandangi sungai, atau sambil baca-baca atau sambil makan juga...lumayan yah mengurangi stress karena lelah bekerja. Di sekitar Boat Quay ini memang daerah perkantoran.


Makan di Boat Quay

 
Indah banget deh makan di dekat sungai...di temani burung-burung merpati...bunda ga sengaja kasih makan 1 burung merpati eeh ternyata burung merpati yang lain pada terbang mendekati kita, bunda jadi kaget dan anak-anak ketakutan qiqi...

Selesai makan kita melanjutkan perjalanan ke vivo city menuju sentosa, oya sebelum naik MRT bunda sempat beli minuman di 7eleven total $4, sampai di vivo city, ajak main dulu sebentar anak-anak biar senang karena ada play ground nya gratis. 

 
 Bermain di Playground Vivo city

 


Setelah puas anak main kita naik monorail expres+tiket masuk sentosa seharga $3,5 seorang, jadi TOTAL $14. Kita berhenti di lokasi Universal studio tapi ga masuk ke sana euy tiketnya mahal....jadi kita foto di depan bola universalnya saja. trus ajak anak-anak ke toko permen Candylicious, anak-anak belanja permen TOTAL $13.5. Di sini juga ada toko coklat tapi bunda malah lupa mampir karena langsung cari tempat sholat, ternyata ada di bassement, mukenanya bersih-bersih. Abis sholat kita pulang kaki gempor ga sanggup lagi keliling-keliling.

 

 
 MRT menuju Vivo City

 

 




 


Anak-anak kembali senang di Candylicious, belanja permen.


Sebelum pulang ke hotel, kita mampir dulu belanja oleh-oleh di China Town $40.

Pengeluaran di hari ke 2 :
Deposit kartu Ez Link $40
Belanja di mustafa $34,30 
Belanja toko souvenir di depan Mustafa  $34
Tiket hipo sekali jalan 4x8  $32
Makan McD $15
Belanja di 7eleven $4
Tiket menuju Sentosa 4x3,5 $14
Belanja oleh-oleh di China Town $40
TOTAL  $213,3

Ga sampai ke Jurong, foto disini aja deh hehe...

DAY 3
Hari ke-3, pas tanggal 6 november, ulang tahunnya azra, bangun tidur nyanyiin lagu selamat ulang tahun buat azra. Hari ke-3 ga bisa jalan-jalan kemana-mana karena kita harus sudah mulai berangkat ke bandara jam 11, jam 9 kita sudah cari oleh-oleh yang kurang di china town, toko-toko masih banyak yang tutup karena buka jam 10 pagi tutup jam 10 malam. Akhirnya bunda belanja oleh-oleh lagi TOTAL $40. Beli roti+minum $5. Jam 11 kita cek out hotel menuju bandara changi naik MRT. jam 12 sudah sampai, setelah ke imigrasi dan boarding pass, kita cari makan, alhamdulillah di terminal 1 ada food gallery dan kita menemukan nasiiiii horeee...nasi lemak/nasi uduk...lezaaatnya nendang, ini bukan karena lama ga ketemu nasi...tp memang enak pisan euy, nasinya wangi ga rugi bayar sekitar $6 kita beli 2 nasi lemak buat azra dan sarah, mereka lahap makan, sampai nuha juga lahap hehe...kasian ya nak kelaperan. Abah beli nasi plus lauk pauk $7, bunda beli nasi plus lauk pakai oseng terong, ikan, tahu goreng dan oseng kentang semua lauknya enak plus sebotol aqua harga $9.

 
Nasi lemaknya mantap di food gallery terminal 1 Changi.

 
Nasi dan lauk pauk ini juga enak kecuali tahunya, tahunya tawar ga asin. Suka banget sama oseng-oseng kentang sosisnya, ikannya juga enaaak banget.

Selesai makan bunda beli lagi oleh-oleh coklat dove $11,60. Waktu lihat-lihat beli coklat dan parfum abah hampir ninggalin bunda, karena waktu tinggal 15 menit lagi sementara kita harus ke gate 48, gate paling ujung....untung saja bandara changi ini ada lantai eskalatornya, jadi kalau yang sedang cepat-cepat nguber pesawat terbantu kalau jalan disini bisa lebih cepat. eh ternyata pesawatnya delay hampir 1jam.

 
Ini dia lantai eskalatornya.

Setelah makan, Nuha santai dulu aah sambil memandangi pesawat


Didalam toilet wanita ada salah satu toiletnya khusus ibu-ibu yang bawa bayi, jadi saat pipis bayinya bisa di simpan disini. Kereen yaa...sampai hal seperti ini saja di pikirkan.


Pengeluaran di hari ke-3:
Belanja oleh-oleh $40
Beli Cemilan $5
Makan $28
Coklat $11.6
TOTAL $84.6

Jadi total pengeluaran kita di sana $392,6 bawa uang $500 ternyata sisa....iyalah itu kan karena bunda ga belanja apa-apa, yang sebelum berangkat sudah di rencanakan mau mampir ke catton on, beli sepatu rubi, beli parfum, mampir CK semuaaa ga kesampean...huhu...gara-gara ngajak anak-anak wek...qiqiqi...besok-besok kalau ke sana lagi ga usah bawa anak-anak...rewel. Mangkanya kartu Ez link nya ga kita refund....siapa tau bisa balik lagi berdua aja sama abah haha...

Jam 4 kita sudah sampai di bandara Soetta, langsung jleeb bener bedanya hahaha...jauuuh pisan, sampai bandara kita sholat dulu lalu pulaaang....perjalanan Soetta - Depok 3 jam fuiih..karena bersamaan dengan jam pulang kantor.

Depok here we come...badan rontok ...panggiil tukang pijaaat..

 
Sampai rumah bongkar oleh-oleh...masih ada aja yang kurang eh... 

tips dan Kesan-Kesan di Singapore

Tipsnya bawa persediaan air minum kalau tiap jalan-jalan di sana, karena harga air minum di sana mahal...rata-rata sebotol aqua seharga 1,5$.

Kalau bunda tanya anak-anak, apa yang paling berkesan jalan-jalan ke Singapore, azra jawab Candylicious... kalau Sarah jawab naik perahunya. 

Kalau bunda, kesan dari Singapore, bersih, tertib dan capek qiqiqi....ya gitulah...jalanan bersih....sungai-sungai walaupun airnya sama dengan di jakarta coklat, tapi bedanya pinggiran sungai di singapore ga ada rumah kumuhnya haha....malah pinggiran sungai di jadikan tempat wisata. Di singapore banyak peraturan banyak larangan, untuk di MRT tidak boleh makan+minum, pas nuha nangis minta nenen bunda agak bingung, boleh ga ya menyusui? qiqiqi....Bahkan di stasiunnya sering terdengar dari pengeras suara "dilarang berleha-leha" beuuh ...ada juga tempat-tempat tertentu di larang foto-foto, dan kalau berjalan lebih dari 3 orang atau bawa anak kecil di haruskan naik lift bukan eskalator.

Dan untuk orang-orang Singaporenya bunda lihat ritme cara berjalannya cepat-cepat, dan yang bunda lihat selama di MRT, mereka selalu mementingkan orang lain, bunda selalu di kasih tempat duduk, apa karena bawa anak kecil? tapi kan nuha di stroller? atau karena mereka tahu bunda turis? jadi di jamu haha....kalau sarah naik MRT dan lihat pemandangan dengan posisi agak berlutut di kursi dan melihat ke kaca, orang yang duduk di sebelah langsung berdiri, entah memberi kesempatan sarah atau dia tidak nyaman dan takut terganggu? ga tau deh...kesan yang bunda tangkap sih sepertinya mereka menjaga privasi orang, dan bunda jarang juga melihat mereka saling ngobrol, tapi asyiik dengan gadget sendiri, karena memang bunda lihat jarang yang berjalan rombongan tapi sendiri2. Mungkin begitu kali ya ciri negara maju, individualis. Tapi mereka juga sangat helpfull, tahu kalau lihat orang bingung...tau-tau kita di bantu/di arahkan.

Di singapore kalau berjalan kaki di sana enak, nyaman, karena memang di sediakan trotoar yang nyaman buat pejalan kaki. bahkan untuk menyebrangpun ada lampu merah hijau untuk menyebrang jalan. Tapii...pernah saat di depan lucky plaza bunda melihat ION Orchard di depannya, mau kesana nyebrang, kata abah, ga boleh harus lewat bawah, jalan bawah tanah....beuuh ribet amat ya...timbang nyebrang doaang wkwkwk... ya gitu deh, kadang naik MRT katanya praktis tapi kadang dengan ganti-ganti perlintasan harus naik turunnya itu yang ga terbiasa kaya bunda, ya merasa ribet. Apalagi yang berjalan rombongan lebih dari 2 orang di haruskan pakai lift tidak boleh pakai eskalator, jadi selama naik turun MRT, yang bikin capeknya buat bunda ya cari lift nya. Pokoknya di sana tertib banget lah...semua teratur sampai hal yang kecilpun di atur, maksudnya di pikirkan oleh mereka. Oya selama di sana, karena sering naik MRT kok bunda merasa badan agak oleng ya, walaupun sudah sampai di hotel kok seperti mau jatuh aja ya bawaannya, karena goncangan naik MRT haha...yang ini mah inpoh ga penting.... :p mabook MRT jiiaaah...

Oya ciri khas disana, kenapa ya pelayan-pelayan yang bersihin meja di tempat makan itu kok sudah tua-tua ya...sudah uzur kadang untuk ambil piring atau lap-lap meja aja tangan mereka gemeteran karena saking sudah sepuhnya...iih bunda ga tegaa sekali liatnya...kok sudah setua itu masih bekerja? kok bos nya mau memperkerjakan nya? apakah memang tuntutan hidup di sana? kalau tidak bekerja mereka tidak bertahan hidup? atau karena budaya semangat kerjanya? kok anaknya tega lihat ortunya masih bekerja? apakah kalau sudah tua bayar gajinya murah jadi masih ada yang mau memperkerjakannya? aah banyak pertanyaan-pertanyaan bunda yang ga tau jawabannya...ada yang tahu kenapa??...

























































































20 komentar:

  1. pesawat pagi tuh enak memang sampainya bisa lebih cepet ditunggu sambungannya ya plus oleh2nya atuh heeheh

    BalasHapus
  2. pesawat pagi tuh enak memang sampainya bisa lebih cepet ditunggu sambungannya ya plus oleh2nya atuh heeheh

    BalasHapus
  3. hihihi..iya ditunggu sambungannya.belom lengkap ah

    BalasHapus
  4. waahh senangnya yang jalan2 ke singapura...anak2 kayaknya nyaman2 aja ya bun

    BalasHapus
  5. postingan okeh banget bunda...suka rinciannya...

    Btw, ini kayaknya dah berubah dikit ya blognya, warna biru backgroundanya okeh bun

    BalasHapus
  6. kalo gasalah di singapore tu sengaja yah org2 yg udah tua masih dibolehin kerja. Klgasalah supaya mereka masih merasa masih tetap berguna dan berpenghasilan walaupun sudah tua

    BalasHapus
  7. @lidya, iya tapi kalau bawa anak mending jangan pesawat pagi...karena kasihan jadi harus siap-siap tengah malam
    @astien, anak-anak justru rewel, capek jalan..besok-besok kalau ke sana lagi ga usah bawa anak-anak deh..
    @fitri, iya sengaja biar kalau ada yang mau ke sana bisa memperkirakan biayanya...iya leot blognya ganti, karena komennya yang kemarin ga muncul di postingan.
    @mia, ooow begonoo yaa...iih tapi mani karunya pisan ningalinya...
    @

    BalasHapus
  8. Pemerintahnya memang perhatian dg lansia disana, utk para lansia yg masih ingin bekerja di beri kesempatan utk bekerja, spt mjd petugas kebersihan (contoh: yg membersihkan restroom di mall, petugas sampah-tapi di singapore pake mobil utk angkut sampahnya, dll).

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. di sana tidak ada pengamen... :)

    pernah liat model pengamen, berjalan berdua, tapi datang ke food court gitu, bukan nyanyi bawa krecekan, tapi dengan cara jual tisu seharga 1 dollar. emang enak di sana. pengen ke sana lagi... :)

    BalasHapus
  11. Saya paling terkesan waktu naik MRT untuk pertama kalinya di Singapore. Keren sekali. Pengalaman pertama ke Singapore bener-bener gak terlupakan. Gampang banget lagi ke mana-mana naik mrt. Tinggal ambil Singapore MRT Map yang ada di MRT stasiun, sudah bisa ke semua tempat di Singapore. Jadi pingin ke singapore lagi.

    BalasHapus
  12. Setuju dgn bunda, knp byk lansia yg msh kerja di SG ya?

    BalasHapus
  13. yg pernah sya baca,, memperkerjakan lansia itu untuk meningkatkan kprcayaan diri lansia dan tdak trgantung kepada anak2nya,, kbar nya aturan ini di berlakukan oleh perdana mentri yang sngat menghormati ibu nya dan orang tua,, stelah ad accident seorang konglomerat tua kaya yg jatuh miskin dan jadi gelandangan di usir oleh anak dan menantu nya...
    btw mksih info jln2 nya,, bsa jd referensi nehhh

    BalasHapus
  14. wuiihhh bunda... menginspirasi bangett ceritanyaa... penggeennn ke Singapore..
    Dari sini dapet gambaran budgetnya...heeheee

    www.jualhotlingerie.com

    www.myreviewx.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Bunda,boleh tanya gak,,,masih penasaran sama cerita nuha minta nenen??terus gimana?disana bolehkah menyusui di sembarang tempat??soalnya bulan ini saya n kluarga mau ke SG ,n saya punya anak 1 tahun yg masih menyusui,,,share dong bunda ,,,

    BalasHapus
  16. Bunda mohon info waktu booking hotel di agoda memberikan info pesan 1 kamar utk family atau bgmn.. kan sama anak2..apakah dikenakan by tambahan..trims sblmnya

    BalasHapus
  17. Bunda mohon info waktu booking hotel di agoda memberikan info pesan 1 kamar utk family atau bgmn.. kan sama anak2..apakah dikenakan by tambahan..trims sblmnya

    BalasHapus
  18. bunda mau tanya donk, waktu jalan ke singapura dan thailand ada biaya fiskal ga??? berapa duit??? trus waktu dari sana mau pulang ke indonesia kena biaya apa aja di bandara????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, tidak ada biaya fiskal. Pas pulangnya pun tdk ada biaya apa2 di bandaranya

      Hapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik