Senin, Maret 24, 2014

Oleh-oleh Bangkok

Jika Bangkok terkenal dengan surganya belanja, ternyata itu benar adanya, harga-harga disana sangat murah. Kali ini saya mau sharing oleh-oleh Bangkok berikut harganya, tapi yang saya sharing hanya belanjaan yang khas Bangkok ya...kenapa saya buat postingan ini?...bukan buat pamer hasil jalan-jalan saya sewaktu di Bangkok, ini tujuannya untuk gambaran saja yang mau jalan-jalan ke sana, jadi setidaknya sudah ada bekal nanti mau belanja apa saja. Karena saat saya cari info oleh-oleh Bangkok sebelum berangkat kemarin, banyak yang menginfokan harga tapi tanpa ada fotonya jadi saya bingung, seperti misalnya mereka menginfokan tas di Bangkok di pasar Chatuchak yang besar seharga 75 bath yang kecil 35 bath, tapi kenyataannya setelah sampai di pasar Chatuchak tasnya macam-macam hahaha...jadi  yang mana yang di maksud seharga 75 atau 35 bath?

Kalau ke Bangkok oleh-oleh makanan yang direkomendasikan adalah durian kering dan Thaitea Nestea. Seperti ini fotonya :

Durian kering yang enak, yang kemasan plastiknya berwarna kuning hijau seperti ini. Harganya 201 bath sekitar 80rb isinya 100 gram. Saya belinya di swalayan Tops Market di lantai G di MBK. Durian kering ini berlogo halal. Ada juga kripik durian tapi lebih enak yang durian kering ini. Agak mahal sih 80rb hanya isi 100 gram, tapi dipikir-pikir buah duriannya juga mahal harganya.


Ini teh thailand, merk nestea, berlogo halal seharga 90 bath sekitar 34rb. Belinya di MBK di swalayan Tops Market lantai G. Thaitea ini enak sekali, rasanya sama dengan yang saya beli di yana restoran. Thaitea ini diseduh dengan ditambah susu putih, jadi seperti teh tarik ya, bisa di minum hangat ataupun dingin, pakai es batu lebih nikmat, segaar. Nyesel saya cuma beli 1 bungkus hehe...

Kalau barang-barang khas Thailand seperti ini : 

Souvenir

Untuk souvenir gantungan kunci (yang paling atas di foto), itu 1 set isi 6 ada yang bisa untuk gunting kuku, juga bisa sebagai pembuka tutup botol. Harganya kalau tidak salah sekitar 120bath, tapi karena saya beli banyak souvenir, jadi harga dikurangi menjadi 100 bath (37rb). Sedangkan untuk gantungan kunci berbentuk gajah (gambar bawah sebelah kiri) 1 set isi 5 gantungan kunci, souvenir ini seharga 100 bath kalau beli 3 set menjadi 80 bath (30rb). Gambar tengah bawah, itu adalah tempelan kulkas seharga 3 buah 100 bath, ada juga yang jual 4 buah 100 bath. Sedangkan hiasan meja yang dikotak kuning, itu seharga 100bath ga bisa di tawar lagi hehe...semua souvenir ini di beli di pasar chatuchak.


Tas ini harga normalnya 100 bath, tapi karena saya membeli banyak mendapat harga 80 bath. Potongan harga bisa kita dapat, kalau kita ambil minimal 3 atau minimal 5 buah barang, beda-beda tiap penjual. Dan ternyata harga yang saya dapat 80 bath itu memang harga yang sudah murah, karena ketika saya tanya di toko lain rata-rata seharga 100 bath. Beli di pasar Chatuchak.



Tas slempang ini berukuran kecil harganya 80 bath, di pasar chatuchak. Inipun sudah menawar dan beli di toko yang sama, saat saya memborong tas banyak.


Kalau tiga tas ini harganya sama150 bath sekitar 57rb, agak mahal ya, dibandingkan tas yang lain yang saya beli sebelumnya, kebetulan dapat toko yang mahal, susah di tawar dan saya pun sudah capek keliling pasar jadi dibeli saja. Awalnya penjual ini kasih harga 200 bath. Beli di pasar Chatuchak.


Gantungan dinding yang ada kantongnya jadi multi fungsi bisa buat simpan sesuatu, ini satunya seharga 80 bath, harga awal 100 bath. Beli di Pasar Chatuchak.

Kalau kaos khas Thailand ini belinya di MBK seharga 99 bath, untuk semua ukuran, ukuran  kecil atau dewasa harganya sama 99 bath. Kaos ini sudah harga pas, beli banyakpun tidak mendapat diskon. Saya tidak menemukan kaos ini di pasar chatuchak, tapi banyak dijual di MBK di bagian toko souvenir, toko souvenir ada ditiap lantainya.


Kalau kaos ini saya beli di pasar Chatuchak seharga 100 bath satunya. Belinya di pinggir jalan di luar pasar chatuchak. Lumayan buat ponakan yang abegeh hehe..


Pashmina ini saya beli di pinggir jalan menuju pasar Chatuchak seharga 100 bath, mungkin kalau beli banyak bisa dapat potongan harga, sayang saya hanya membeli 2 saja, bahannya adem lembut. Oya kalau beli di MBK pashmina ini dihargai 150 bath.


Boneka gajah ini seharga 300 bath (sekitar 113rb) dari harga awal 350 bath, agak mahal karena handmade. Saya membelinya di pasar Chatuchak. Ini menawarnya sudah sangat susah, paling rendah penjualnya memberi harga 320 bath. Saya tawar 300 bath tidak diberi, akhirnya ketika saya urungkan untuk membelinya, eaa malah di kasih 300 bath qiqiqi... rezeki saya, akhirnya bawa si gajah pulang ke rumah.


Celana ini banyak dijual di pasar chatuchak harganya 150 bath, saya ga pake nawar karena harganya ditulis pakai karton, saya pikir sudah harga pas ternyata sewaktu saya bayar, dapat potongan harga 20 bath karena saya membeli 2 buah. Jadi satunya di hargai 140 bath sekitar 53rb.
Disana juga lagi musim celana aladdin, mmm...disini juga ada sih kalau celana aladdin ya hehe... Saya beli celana aladdin ini di chatuchak seharga 200 bath, ternyata di MBK lebih banyak yang jual, harganya sama 200 bath sekitar 80rb, celana aladdin ini jenis bahannya berbeda-beda, ada yang dari bahan jeans, bahan katun rayon dll.


Tas pink ini sebenarnya bukan tas khas Thailand ya, tapi saya suka, lucu dan sederhana jadi ikutan saya share disini. Saya belinya di pasar Chatuchak seharga 250 bath sekitar 94rb, harga aslinya 300 bath. Disini saya kurang pinter menawarnya, tawaran pertama saya tawar 200 bath tapi tidak boleh. Kemudian saya tawar kembali seharga 250 bath eaaa langsung di kasih hahaha....tak apalah kadung udah suka banget sama ini tas. Harganya memang agak mahal karena handmade.

Oya kalau belanja di chatuchak, ada beberapa penjual yang bilangnya thirty five tapi maksudnya bukan 35 bath ya, maksud mereka adalah 350 bath hahaha...dilihat aja barangnya, kalau ga mungkin seharga 35 bath berarti yang mereka maksud adalah 350 bath. Mereka jarang menggunakan kepanjangannya seperti three hundred and fifty.

Yang terkenal juga dari Bangkok adalah  thai silk, tapi saya ga tertarik untuk membelinya.


22 komentar:

  1. waw..asiknya....iya bun, kalau di posting gini keburu lupa yaks...

    BalasHapus
  2. lucu-lucuu aku kebagian ngga nih *ngelirik tasnya hihi

    BalasHapus
  3. iihhh lucu-lucu banget mak, mau donk tas pink dan boneka gajahnya xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..lucu yah tas pink sama boneka gajahnya...itu handmade semua...saya juga suka.

      Hapus
  4. Bagus bagus,waah surga belanja banget thai itu ya mak...hihi...pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga ketagihan mak, mau ke sana lagi deh...

      Hapus
  5. naksir celana ijo nyaaaa

    sayang waktu de kesana bukan wiken, jadi gak ke chatuchak deh

    BalasHapus
  6. Rental / Sewa mobil toyota commuter (van) + driver (bahasa inggris dan Indonesia) di kota Bangkok atau Pattaya atau Jemput bandara
    Untuk infomasi lebih lanjut
    Hubungi langsung
    Telp +66819250901 (whatsapp juga bisa)
    Pin bb 7432ef44

    BalasHapus
  7. Infonya sungguh sangat membantu, Mbak.......Thanks ya utk info2nya
    Kebetulan saya bulan Mei akan ke Bangkok juga hehehe.....

    BalasHapus
  8. kak bawa koper ukuran berapa.... ???
    semua belanjaan brp kg?
    sy bulan depan mau ke bangkok masih bingung bawa koper yg uk berapaaa.

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya.sabgat membantu..kebetulan bulan depan sy mau ke thailand

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik