Minggu, Juni 24, 2018

Ngebolang, Semarang, Malang, Jogja, Pangandaran.

Ini sebenarnya kenangan 3 tahun yang lalu hehe.....baru bisa posting sekarang untung mengenang saja.

Jadi 3 tahun lalu, sewaktu suami kerja di Bogor, saat itu perekonomian Indonesia sedang tidak bagus dan kantor suami terkena imbasnya, sudah terdengar issue kalau kantor suami akan merumahkan sebagian karyawannya. Saat itu suami seharusnya ada tugas ke Afrika, tapi suami membatalkan berangkat karena suami berfikir kalau ada anak buahnya yang terkena pengurangan, suami merasa kasihan kalau saat itu tidak ada di lokasi untuk mendampingi.

Dan ternyata, justru malah suami yang terkena pengurangannya hahaha ya salaam. Sungguh suami tidak menyangka saat itu. Tapi sisi baiknya adalah, kita berdua jadi bisa daftar haji plus, alhamdulillah.

Jadi dalam rangka menghibur suami, saya mengusulkan buat jalan-jalan ke Malang, saya sudah lama kepingin banget ke Malang terutama ke Musium Angkut yang saat itu baru saja jadi tempat wisata kekinian. Alhamdulillah suami setuju, malah suami menawarkan transit di Semarang, transit Jogja dan berakhir di Pangandaran. Akhirnya saya mulai hunting hotel buat di Semarang, Malang, Jogja dan Pangandaran. Hunting lokasi wisata juga di kota-kota yang akan kita kunjungi.

Tanggal 16 Mei 2015 pagi-pagi kita meluncur ngebolang. Mampir ke Brebes beli telor asin buat persediaan makan di jalan sepanjang ngebolang.

SEMARANG
Magrib kita sudah sampai Semarang, kita menginap di Hotel Dafam, anak-anak senang, kamar hotelnya luas, kita menginap di sini 2 malam. Besoknya kita jalan-jalan ke Klenteng Sam Po  Kong cukup bayar 3 ribu saja seorang, murah bener ya, tapi di sini panas banget. Kemudian lanjut ke Lawang Sewu tiket dewasa 10 ribu, tiket anak-anak 5 ribu, kemudian ke kota tua Semarang, lihat-lihat gereja Blenduk, di sekitaran sini ada yg jual barang-barang lawasan, yg suka barang-barang antik pasti suka di sini, ada yang jual piring dan gelas dari bahan seng yang sekarang mulai kekinian, tapi harga sama saja dengan yang di jual di toko online.

Di kawasan kota tua Semarang ada bis wisata yang keliling tapi sayangnya kita telat beli tiket, ternyata ada jadwalnya, tapi sebenarnya ada tawaran juga keliling kota tua Semarang pakai vespa nyentrik, vespa yang ada gandengannya di samping, tapi kemarin kita ga nyobain karena anak-anak keburu rewel bilang capek, . Oya di dekat gereja Blenduk kita makan sate entah namanya sate apa, lupa hehe waktu itu dapat review baca di ig orang. Dari kota tua kita menuju masjid Agung Jawa Tengah, berhubung sudah sore sampai masjid, jadi kita hanya sebentar tapi sempat naik ke atas menara masjidnya bayar 7 ribu seorang. Malamnya kita jalan cari oleh-oleh ke Bandeng Jumawa, sepanjang jalan Pandanaran toko oleh-oleh semua, sayangnya ga bisa beli oleh-oleh karena ga awet lama, sedangkan kita masih keliling ngebolang, akhirnya cuma beli mochi yg wijen isi kacang, buat makan di jalan, ternyata enaak, anak-anak suka.

Kesan saya di Semarang, murah tempat wisatanya, hotelnya murah tapi memang tidak ada tempat wisata yang seru nya, kotanya bersih.

MALANG
Besok paginya kita langsung cuz menuju Malang, tapi sempat mampir dulu ke masjid Demak.

Saat mau ke Surabaya, kita kena korban google maps, gara-gara ikutin google maps, malah nyasar ke jalan daendels hahaha...jalannya sepi lewatin hutan-hutan uuh serem ngebayangin kalau ada begal gimana, tapi Alhamdulillah akhirnya selamat sampai tujuan. Saat di Surabaya, saya mau beli sambel Bu Rudy, sayangnya ikutin google maps malah nyasar-nyasar, akhirnya ga ketemu tokonya, malah kena stop pak polisi hahaha, katanya kita salah, mau belok kiri tapi dari jalur kanan, iya sih karena saya dadakan info ke suami suruh belok kiri namanya juga lagi cari jalan. Setelah bla...bla..bla... berakhirlah dengan uang rokok. Untung pak suami kooperatif memang merasa salah, jadi pak suami senyum-senyum aja dan minta maaf,  Alhamdulillah lah ga sampe di tilang, repot kalau di tilang di kota orang.

Setelah sambel bu Rudy ga dapet udah terlanjur di Surabaya, suami ngajakin nyobain jembatan Suramadu, iseng cuma mau nyobain nyebrang jembatannya aja selanjutnya balik lagi hahaha, yeayy sampe juga ke Madura kita. Bayar tol jembatan Suramadunya ternyata mahal euy, 3km bayar 30 ribu, bolak balik jadi 60 ribu. Saya sempat mampir beli oleh-oleh madura kebetulan sepanjang jalan setelah jembatan banyak yg jual oleh-oleh, cuma ada kain, krupuk dan sambel.

Lanjut perjalanan menuju Batu Malang, kita sewa kamar di Sumber Hotel, hotelnya sepi ada di dekat perumahan, saat kita datang ternyata hotelnya sedang renov, agak kecewa sih, dan saya minta pindah kamar di depan, takut euy kalau nginep sendirian di kamar lantai atas. Tadinya resepsionisnya bilang beda harganya dan kitadi suruh nambah uang, tapi akhirnya kita di kasih harga sama jadi ga ada penambahan harga, karena saya juga komplen kalau ternyata hotelnya sedang renov terus terang agak mengganggu karena kotor debu. Kita menginap 2 malam di sini.

Besoknya kita keliling Malang, ke KTMA ( Kelompok Tani Makmur Abadi) petik apel, bayar seorang 20 ribu, dapat 1 minuman sari apel, boleh petik sepuasnya nanti hasilnya di timbang di hargai 15 ribu sekilo. Kemudian ke Musium Angkut dan ke BNS, ternyata musium angkut ini luas ya dan cuma tempat foto-foto aja, suami dan anak-anak bete di sini, akhirnya ke BNS ternyata semacam dufan kecilnya, tapi sebel deh pas ke Musium Angkut dan BNS kita kena tiket liburan, padahal kan belum liburan sekolah, cuma liburan UN. Di Musium Angkut juga kalau bawa kamera harus bayar kameranya. Agak nyesel sih ke BNS karena isinya permainan semacam dufan, tau gitu mending ke Jatim Park sekalian.

JOGJA
Puas keliling kota Malang, lanjut ke Jogja, kita menginap di Hotel Whiz, di daerah Malioboro, kamarnya lebih kecil di banding hotel di Semarang tapi anak-anak suka karena ada sarapannya hehe. Berhubung jatah makan hanya untuk 2 orang, jadi anak-anak saja yang makan di hotel, saya dan suami makan di luar beli gudeg Yu Djum, di Jogja kita ke Taman Sari, ke Borobudur dan beli oleh-oleh ke Malioboro, naik delman dari Taman Sari ke hotel, anak-anak senang sekali naik delman setelah jalan jauh ke taman sari, Taman Sari itu tempat pemandian raja dan putri keraton. Sempat makan malam di House of Raminten hasil hunting di google, ternyata rasa kurang cocok di lidah saya tapi memang murah dan porsi banyak, pas di lokasi juga penuh, antri tempat duduk, parkir susah. Kalau kata tetangga saya yang orang jogja mestinya ke resto jejamuran. Saat di Borobudur sudah menjelang sore, untung saja masih di buka tiketnya, tapi anak-anak sepertinya kurang menikmati, entah mereka belum mengerti bangunan sejarah atau karena mereka capek ya pas naik tangganya, apalagi kita menuju ke atasnya buru-buru karena sebentar lagi di tutup.

PANGANDARAN
Di Pangandaran suami pesan penginapan berupa rumah, jadi suami bisa mengajak keluarga Bandungnya untuk ketemuan di Pangandaran. Di sini anak-anak puas main di pantai, terutama Sarah, dia ga ada takutnya main ombak, saya sudah khawatir jagainnya. Selain ke pantai, kita ke Cagar Alamnya, ke pantai Pasir Putih dan ke Green Canyon. ke Pantai Pasir putih cuma foto-foto saja, ga bisa main di pantai ini, karena ombaknya kencang, katanya di sini bagus buat snorkling.

Alhamdulillah selesai ngebolang, semoga bisa melupakan sejenak keterkejutan pak suami yang terkena pemutusan kerja. Tinggal bagaimana istri menjaga pak suami agar tidak stress karena biasa kerja tiba-tiba ga kerja, alhamdulillah pak suami bisa melewati masa-masa ini, ga sampai stress tapi jadi ada mainan baru, ikan koi peliharaan hahaha.