Selasa, Maret 18, 2014

Persiapan Jalan-jalan ke Bangkok

Alhamdulillah...akhirnya saya dan suami berkesempatan jalan-jalan ke Bangkok. Saya membeli tiket Bangkok ini sudah cukup lama 11 bulan sebelumnya...hehe...maklum memburu tiket murah, sebenarnya tidak harus menunggu selama itu, jangka waktu 6 bulan pun bisa saja saya pilih, tapi berhubung disesuaikan dengan pekerjaan kantor suami, mencari waktu yang bukan waktu sibuk kantor, jadi kami merencanakannya dibulan Maret ini.

Saya membeli tiket di maskapai penerbangan Tiger Airways, waktu itu kebetulan sedang promo, dan beruntungnya saya, tiket berangkat dapat harga promo terendah dan tiket pulang dapat harga promo beli 1 tiket dapat 2 tiket ...wooww lucky me...Total untuk tiket seharga Rp. 1.850.000 untuk PP 2 penumpang.

Untuk penginapan saya memilih lokasi di Siam. Di daerah Siam banyak pertokoan, ada MBK yang terkenal itu, ada Siam Discovey, Siam Paragon dan Siam Center. Asumsi saya, apabila kekurangan mencari oleh-oleh, bisa tinggal jalan mencarinya disana. Beruntungnya saya mendapat peta Bangkok dari tetangga saya Elhida mak KEB juga, yang bulan Desember lalu melakukan perjalan ke sana, sehingga saya mudah menentukan lokasi penginapan. Setelah mencari-cari penginapan di Agoda dan di Tripadvisor, akhirnya saya tetapkan menginap di Wendy House, selain reviewnya bagus dan mendapat nilai cemerlang di Agoda dan di Tripadvisor, juga harga hotel yang sesuai budget saya, dan yang paling penting adalah lokasi yang strategis dekat BTS tinggal jalan. Saya memesan penginapan secara online di Agoda, untuk 3 malam mendapat harga Rp 1.450.000. Penginapan di Bangkok lebih murah dibanding harga penginapan di Singapura. Dulu saat saya melakukan perjalanan ke Singapura (postingannya bisa lihat disini) harga penginapan sekitar 850rb itupun dapat hotel yang biasa saja.

Untuk tujuan wisata di Bangkok sayapun membeli online, tiket Madame Tussauds beli di webnya langsung, harga tiket normalnya 640 bath, saya memilih tiket earlybird harga lebih murah hanya 480 bath, asalkan datang ke lokasi sebelum jam 12 siang. Tiket Maddame Tussauds untuk 2 tiket mendapat harga 960 bath, sekitar 360rb karena ratenya 1 bath seharga Rp 375,-.

Awalnya sayapun berencana mau merasakan sensasi makan malam di kapal pesiar...prikitiiew...untuk tiket bisa pesan di Hotels2Thailand  tapi berhubung selesai acaranya sekitar jam 10 malam saya cancel rencana ini, karena saya dan suami bukan tipe orang yang suka keluar malam.

Untuk uang saku saya berencana menukar 5jt ke mata uang Bath. Tapi saat saya tukar ke money changer stok yang tersedia hanya ada 8.310 Bath sekitar 3jutaan ( tepatnya Rp 3.116.250,-). rate nya 1 bath seharga 375 rupiah. Saya tidak ada waktu lagi untuk mencari money charger di tempat lain, kebetulan lagi tetangga saya Elhida,  masih ada sisa bath sebanyak 800 Bath jadi saya membelinya, sekitar 300rb. Total untuk bath saya bulatkan menjadi 3,4jt. Saya masih khawatir akan kurang membawa uang saku hanya 3,4jt. Tetapi teman saya yang juga pernah ke Bangkok justru menertawakan saya, dia bilang kebanyakan bawa 5jt, karena pengalaman dia perjalanan 5 hari hanya membawa uang saku 2 juta, itupun sudah cukup banyak belanja oleh-oleh menurutnya. Akhirnya atas sarannya, lebih baik saya membawa uang dollar kalau memang kurang, dia tidak menyarankan membawa banyak bath ataupun rupiah, karena bila bath berlebih akan jatuh nilai tukarnya lagi ke rupiah dan kalaupun bawa rupiah, rate rupiah akan jelek bila ditukar di Bangkok, yang stabil harganya ya dollar. Baiklah kalau begitu, kebetulan suami mempunyai stok uang dollar dan uero di rumah. Oya setelah saya telpon money changer tempat saya menukar uang rupiah ke bath, diinfokan kalau dijual kembali bathnya, ratenya menjadi 350 rupiah, turun 25 rupiah. Ga jauh-jauh amat ternyata.

Total yang sudah dikeluarkan untuk persiapan berangkat adalah :
Tiket Rp. 1.850.000
Hotel Rp. 1. 450.000
Tiket Madame tussauds Rp. 360.000
Total : Rp. 3.660.000
(uang saku tidak saya jumlahkan karena itu belum digunakan)

Untuk cerita jalan-jalannya bisa lihat di postingan Day 1, Day 2, Day 3 dan Day 4

1. Hahaha... *nagkring nunggu posting selanjutnya

2. wah mantab deh.....ditunggu postingan selanjutnya ya

3. Huaaa asyik bgt mbak, dan ekonomis...ditunggu cerita di sana ya...

4. @Mia, @fitri, hahaha udah tayang tuh postingannya, mabok dah panjang banget postingannya.
    @puteriamrilis, iya nih kapan lg bs jalan2, kalau ga nunggu tiket murah ga kesampean bisa jalan2. Btw makasih mak atas kunjungannya, panggilannya apa nih? Mak putri ya?
    @Lidya, bulan madu gatot mak, lah si datang bulan nongol wkwkwk

5. Wah senang nya bs dpt tiket murah. Saya rencana mei ini ke bangkok. Tp dptnya 1,4 per orang. Jd, saya dan suami 3juta untuk tiket saja PP. Tp gpp, demiiiii pengen kesana dr th kemarin.

6. Mantaf.... Thanks infonya, in sya Allah 4 hari lagi saya menyusul, edisi perdana ke thailand

7. yang mau ke Bali coba baca nih , asikk :D

8. Sedia mobil toyota commuter untuk di bangkok
    Hub pin bb 7432ef44 atau no tlp +66819250901

9. Haiiii mbaaaa blognya bagus n inspiratifff, ^_^ folback blog aku yahh htpp://titinfersilia.blogspot.com
    Thanks before

10. mantap bgt ceritanya...jadi pengan kesana lagi..terakhir ke bangkok thn 2010...uda lima thn ga terasa..
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti dgn kartu nama online, taruh/embed kartu nama di blog/website dgn mudah, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

11. wah makasih gan udah berbagi
    jadi tau nih takaran biaya hotel dan tiket untuk kesana hehe
    jadi bisa menabung dari skarang
    thx :)

12. makanan murah, transportasi banyak, obyek wisata bejibun, always miss u bangkok

wisatakeren.com

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik