Jumat, Maret 07, 2008

Jangan Biasakan Anak di Gendong

Sharing nih, ini pengalaman azra, gara-gara waktu ada mbah (asistennya bunda), azra sering di gendong, sekarang pas mbahnya ga ada, bundanya yg kewalahan. Semalem bunda begadang lagi, tapi bukan karena azra panas badannya, tapi ngamuk minta gendong.

Waktu ada mbah, tiap makan azra digendong pakai kain, sebenarnya bunda udah ngelarangnya dengan ucapan yang halus "Azra jangan di gendong terus dong, kasian mbahnya, azra kan udah gede" mbahnya bilang, "Biarin ah, yang penting makanan masuk!". Bunda diam ga mau berdebat, padahal maksud bunda ngomong gitu tuh, nanti giliran mbah ga ada, bunda yang kerepotan, dan sekarang terbukti.

Bunda ga mau berdebat sama asisten, soalnya dulu juga pernah, pas di rumah ada yg ketok2 pintu, mbahnya yg keluar, kemudian masuk rumah laporan kalau tadi ada sales jual buku kristiani, tapi mbah bilang, "Ibunya ga ada, kerja". Trus bunda komentar, "kenapa ga bilang aja, disini muslim, kan beres ga harus bohong" eh lagi-lagi asisten nyeletuk "saya salah lagi yah bu?" Wah langsung diam lagi deh bunda, serba salah...., gitu deh kalau punya asisten lebih tua dari kita, kita yang di skak mat melulu....sengihnampakgigi

Kembali ke soal gendong menggendong, jadi semalam azra ngamuk minta gendong, tapi giliran udah di gendong, rewel.... bilang sempitlah, gendongannya merosotlah dan gendongnya miringlah, untung aja semalam ada Eni Depok yang nemenin, jadi bisa gantian gendong.

Bunda juga heran kenapa azra bisa ngamuk seperti itu? padahal siangnya dia sangat ceria kelihatan senang sekali, mana semalam malam jum'at lagi...sengihnampakgigi apa hubungannya yah...?

Jadi, jangan biasakan anak di gendong, untuk alasan apapun, kalau mau bujuk lebih baik dialihkan ke hal yang lain, daripada di gendong, mungkin azra baru terasa kehilangan mbahnya sekarang, dia kangen di gendongnya, padahal 3 hari sebelumnya azra jadi anak manis, bekas makan atau mainan disimpan dan dirapihkan lagi, ga buat bundanya repot, dan azra sendiri selalu bilang "azra pinter yah, ga ada mbah harus pinter" itu artinya dia sudah mengerti kan? Tapi entah semalam dan hari ini dia masih ngamuk aja....minta gendong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik