Senin, November 26, 2012

Semuanya Proses Belajar


Proses belajar ga berhenti sampai kita lulus sekolah...seusia bundapun masih terus belajar, belajar dari kehidupan...belajar terus untuk menjadi yang lebih baik.

Saat menjadi orang tua, bunda mulai belajar bagaimana mengurus anak, bagaimana mendidik anak...ah suka sedih kalau ingat, awal-awal bunda punya anak azra. Kadang menjadi anak pertamapun tidak selalu enak ya...mungkin enaknya katanya kasih sayang full hanya untuk dia, baju, mainan pun hanya untuk dia selalu di belikan yang baru....beda dengan anak ke-2 dan seterusnya...kasih sayang sudah terbagi, baju dan mainan pun kadang hanya limpahan dari anak pertama hehe...bukan begitu??

Tapi jadi anak pertama kadang..juga jadi percobaan ortunya...kenapa? karena disaat itu ortu pun sedang belajar bagaimana mengurus dan mendidik anak, dia belum punya banyak pengalaman, belum punya banyak ilmu,  tahu sendiri kan? yang pertama selalu tanpa pengalaman. Yaa..paling -paling punya sedikit ilmu hasil dari cari informasi di gugel ataupun hasil sharing dengan sesama teman. Padahal belum tentu juga ilmu hasil sharing akan cocok pada situasi kita, karena semua tergantung pada kondisi dan emosi tiap ortu berbeda.

Jadi waktu awal bunda punya anak azra, baru ketahuan deh ternyata bunda sangat pemarah...ihiks...yang dulu punya pengalaman ngajar TK selama hampir 4th, terkenal dengan guru yang lemah lembut, ternyata berbeda 180 derajat saat kita mengasuh anak sendiri...huhuhu....kenapa siih ga bisa sabar ngadepin anak sendiri? padahal tanggungjawabnya lebih berat karena ke Allah...beda saat kita ngajar tanggung jawabnya ke ortu si anak.

Waktu azra sering ngompol, bunda ngomel-ngomel dan suruh azra tanggungjawab lepas spreinya dan simpan di tempat cucian kotor, bahkan maaf suka cubit azra (maaf ya teh) tapi berbeda sekali saat sekarang bunda menghadapi sarah yang ngompol, bunda ga pake ngomel-ngomel lagi, bunda langsung lepas sprei dan gantiin baju sarah yang kena ompol, kadang berfikir iih kok aneh ya bunda ga marah? bukan karena lebih sayang dengan sarah, bukan...tapi mungkin karena...sudah pengalaman, sutressnya sudah berkurang hahaha...kesannya dulu waktu ngurus azra kecil, bunda tegang dan sutress...yaa...jadi waktu ngurus anak pertama bunda lebih cepat kepancing emosinya. Sekarang sudah santai....

Eh bunda juga pernah baca blog emak blogger tapi lupa alamat blognya, isinya soal wawancara dia dengan ibu elly Risman, ternyata ibu elly Risman pun awal-awal punya anak begitu, pernah pukul anak pertamanya...Jadi anak-anaknya pas udah besar saling tanya, eh elo waktu kecil suka di pukulin sama ibu ga? adik-adiknya jawab, enggak...anak pertama bilang..kok gue pernah sih..?

Jadi dengan pengalaman bunda, dan cerita dari ibu elly Risman...mungkin sama kali ya....awal mendidik dan mengasuh anak tiap ortu, pasti beda penanganannya atara anak pertama, anak ke-2 dst, beda karena semuanya melalui proses belajar.

Oya bukan hanya dalam mendidik anak saja bunda mengalami proses belajar, saat pertamakali menjadi majikan pun semua berproses, waktu awal punya ART, bunda masih perhitungan, kayanya rugiii banget kalau bunda bantu-bantu nyuci piring, kesannya..gue udah bayar dia kok...hehe...kadang masih suka mengandalkan kerjaan ke ART, kadang pula kalau kerjaan ART ada yang kurang/salah dikit suka kesel di hati (karena bunda ga pernah marahin ART). Jadi malah suka ngedumel di hati.

Tapi makin ke sini, bunda berfikir, idealnya ART itu kan hanya membantu kerjaan kita yang mestinya ga kepegang sama kita, bukan melimpahkan semua pekerjaan ke ART, nah terus kerjaan kita apa kalau semua di ambil alih sama ART?....Jadi yaa sekarang mah bunda santai aja...kadang bunda tetap masak, cuci piring, ngepel meski ada ART.

7 komentar:

  1. iya Bunda, saya anak pertama pernah dipukul tapi adik2 kebawah udah engga, hiks kasian jg anak pertama ya bun

    BalasHapus
  2. iya...kadang suka kasian sama azra ihiks...

    BalasHapus
  3. hihihi... derita anak pertama *pengalaman juga jd anak pertama*

    BalasHapus
  4. hihihi... derita anak pertama *pengalaman juga jd anak pertama*

    BalasHapus
  5. sama kayak aku nih..ke anak pertama (baru satu) suka marah2 ga jls..
    smoga nti klo udh ada anak lg bs lebih sabar.. :)

    salam kenal ya mba Pipit.. :)

    BalasHapus
  6. Main ke blog Azra Sarah dan Nuha lagi..... mmm ada pelajaran ala nda pit nich contek ah....

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik