Senin, Januari 28, 2013

Serunya Bermain dan Belajar di PINISI


Awalnya Pinisi menjadi salah satu pilihan alternatif kita saat liburan sekolah kemarin, tapi karena info yang kita cari di internet masih sedikit, mungkin karena baru di buka sekitar 2 bulanan yang lalu, tepatnya tanggal 21 November 2012 kemarin,  jadi belum banyak yang mereview, jadi kita tidak jadi ke sana, memang untuk rekreasi bersama keluarga bunda lebih memilih mengajak anak-anak ke tempat rekreasi yang outdoor di bandingkan yang indoor, sedangkan Pinisi ini lokasinya berada di pusat pertokoan, di gedung Pasaraya Blok M lantai 9 dan lantai 10. Bunda sempat berfikir, apa menariknya tempat bermain di dalam mall? di tambah lagi dengar dari salah satu teman katanya tiket masuknya mahal....mmm pikir-pikir dulu deh....

Tapiii...pucuk di cinta ulampun tiba, memang ya kalau rezeki ga jauh kemana-mana, tiba-tiba saja dapat email dari pihak PINISI kalau bunda di undang dalam acara PINISI FAMILY GATHERING, dan mendapatkan 4 tiket gratis plus gratis makan pula...wooww...lumayan kan? Kebetulan sekali....kemarin saat liburan Pinisi sempat jadi salah satu alternatif tujuan liburan kita, tapi belum sempat ke sana, tiba-tiba dapat tiket gratiss...Kok bisa dapat gratisan? jadi acara Pinisi Family Gathering ini salah satunya adalah workshop penulisan blog. Jadi pihak Pinisi mengundang beberapa blogger untuk hadir, bunda tidak mensia-siakan kesempatan ini, langsung konfirmasi kehadiran, karena bunda pikir bisa jadi ajang kopdar juga buat emak-emak blogger hehe...


Akhirnya pada hari Sabtu tanggal 26 Januari 2013 kemarin bunda datang, benar saja bertemu dengan emak-emak blogger lainnya, bertemu dengan Lidya, Myra Kenai, Mira Ayank, Indah Juli, Meyrinda, Vera, yang lainnya bunda ga kenal ihiks...kelamaan hiatus blog jadi banyak blogger baru yang bunda ga kenal. Tapi dapat teman baru juga, sempat berkenalan dengan Erry dan De yang sebenarnya bunda suka mampir dan baca-baca di blog mereka tapi ga pernah komen ...karena memang ada beberapa blog yang ga bisa bunda komen, jadi komen bunda tidak muncul, memang mungkin blog bunda yang error sudah coba di perbaiki dengan ganti template tapi tetap saja begitu, ya sudah terpaksa jadi silent reader saja.

Oke kembali ke Pinisi, pertama datang, anak-anak belum "panas" hanya berkeliling-keliling, mungkin bingung kebanyakan pilihan permainan hehe...akhirnya yang pertama mereka kunjungi adalah flying fox...

 
 Flying Fox permainan yang pertama di pilih anak-anak.

Belum sempat lama menemani mereka bermain, bunda sudah harus masuk ruangan untuk mengikuti workshop, terpaksa anak-anak bermain bersama suami.

Narasumber workshop adalah mbak Ari Kartika selaku Direktur Pinisi Edutainment Park, dan mbak Asteria Erlanda sebagai Editor dari majalah Good Housekeeping. Mbak Ari menjelaskan tentang konsep Pinisi yang di bangun bukan sekedar tempat bermain dan hiburan, tapi juga ada unsur edukasinya dan pengenalan budaya, tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap budaya Indonesia. Mbak Ari juga menjelaskan bahwa saat ini sedang di bangun science center yang akan berlokasi di lantai 8 gedung Pasaraya Blok M. 

Sedangkan mbak Aster, berbagi ilmu tentang bagaimana menulis blog yang baik. Menurut mbak Aster menulis itu harus ada etikanya, jadi sebutkan lah sumbernya apabila kita mengutip tulisan orang lain, menulispun harus ada unsur 5W1H, dan di perkuat tulisan dengan observasi dan investigasi, jadi tulisan kita ada datanya bukan hanya sekedar menulis. Menurut mbak Aster lagi, blog sebagai sarana menulispun harus memiliki kekuatan, misalnya minat kita dalam menulis soal film, resep masakan atau lainnya.

Selesai workshop kita diminta membuat tulisan dalam waktu 15 menit, dan di pilih 3 pemenang. Pemenangnya adalah mbak DP zahrial, Myra dan mbak Indah Juli. Wah ini pemenangnya memang seorang penulis, lirik mbak indah Juli... dan ada myra yang juga biasa langganan juara lomba-lomba penulisan dan seorang seleb blog, yang namanya sering bunda dengar hahaha...

Saat makan siang, sepertinya agak sedikit kurang kesiapan ya, karena ternyata lamanya... bunda baru dapat makanannya jam setengah 2. Padahal bunda sudah menyerahkan kuponnya dari awal, tapi katanya menunggu di panggil, tapi ternyata pengambilan makanannya siapa cepat dia dapat tidak sesuai antrian...wah..jadi tadi buat apa kuponnya di kasih nama? Mau protes..lah gratisan aja kok protes? hahaha...akhirnya bunda kalem aja dan yeaahh juara.... dapat makannya hampir paling terakhir...ihiks..bunda kasihan saja sama anak-anak...Mestinya pihak Pinisi sudah tahu jumlah peserta karena saat kita datang sudah di data, jadi sudah di persiapkan sebelumnya, tapi bunda lihat juga mungkin karena kedainya dan dapurnya tidak di dalam lokasi yang sama, karena bunda lihat pegawainya mondar mandir  membawa makanannya. Oya saat mau cuci tangan di wastafel pun, kran nya tidak keluar air. Padahal untuk ukuran tempat baru mengapa kran airnya tidak berfungsi? eh bukan karena bunda ga bisa buka kerannya kan? hehe...gak lah...kran airnya yang biasa dibukanya di putar kok.

Baru saja dapat makan, sudah terdengar pengumuman untuk masuk ruang theater menonton pertunjukan lutung kasarung.



Pertunjukan Lutung Kasarungnya sangat menarik terlihat anak-anak sangat serius menontonnya, Sarah sampai maju ke depan panggung agar bisa melihat jelas pertunjukannya, mmm...sepertinya para pegawai di sana doubel job ya, karena bunda sempat lihat, loh ini kan yang tadi bantu-bantu menyediakan makan waktu di kantin, sekarang ikut main theater, ada juga yang tadi bantu di kantin tiba-tiba sudah jaga di area theater pula....qiqiqi...

Selesai menonton, anak-anak kembali bermain di Pinisi. Berikut beberapa permainan yang ada di Pinisi :
Area Riding games:
- Carrousel/komedi putar
- Wall Climbing/Panjat dinding
- Cho Cho Train/ kereta api
- Kiss Car semacam bom bom car
- Flying Fox
Area Toddler
Area Kids Playground : mandi bola, perosotan dll
Area Art and culture:
- Membatik, olah vokal, bermain angklung, bermain gamelan, seni drama, menari, area dalang.

 
Kelas Membatik

 

 

Area Cyber Games

 

Ada juga area 4D Simulator dan area Planetarium sayang kita tidak sempat mencoba kesini. Padahal itu pasti seru huhuhu...

Ini area Kreatifitas menghias layang-layang. Layang-layangnya boleh di bawa pulang.

 

Berikut aktifitas anak-anak selama disana :


Sarah mencoba olah vokal.


Sarah mencoba bermain gamelan, sekedar saran, mungkin sebaiknya di atas gamelannya di tulis angka, untuk memudahkan anak seusia sarah yang 4 tahun, jadi dia bisa mengikuti mengetuknya dengan melihat angka yang ada di atas gamelannya.


Carrousel

Sarah dan azra mencoba panjat tebing.






Sarah berfoto di perahu Pinisi



Sejauh ini anak-anak seru bermain di Pinisi Edutainment Park, pegawainya pun ramah-ramah, ini penting sekali ya, karena pelayanan harus nomor satu. Saat pulang Sarah bilang, bunda kapan-kapan kita ke sana lagi ya...haha...ketagihan dia, memang ternyata Pinisi Edutainment Park menyuguhkan hal yang berbeda dari tempat bermain indoor biasanya, di pinisi walaupun indoor di dalam mall ternyata bisa juga di buat menarik dan seru,  terlebih ada unsur edukasinya, tempat main seperti ini yang biasanya menjadi pilihan bunda, tempat bermain harus ada unsur belajarnya juga, dan anak-anak tidak menyadari selain bermain sebenarnya merekapun sudah belajar juga. Saat perjalanan pulang, bunda bertanya pada anak-anak, permainan apa yang seru dan menarik disana? Sarah menjawab dia senang menonton pertunjukan Lutung Kasarungnya dan menghias layang-layangnya, sedangkan Azra dia senang bermain flying fox dan area kids playground...Dari sini mungkin kita sebagai orangtua sedikitnya bisa menilai, dimana minat anak-anak kita, bisa dilihat dari permainan apa yang di pilih dengan anak-anak. Untuk Azra, bunda menilai dia sangat suka permainan yang menantang dan yang membutuhkan ketangkasan, artinya yang banyak bergerak. Sedangkan Sarah lebih variasi pilihannya, dia lebih menyukai yang kreatifitas dan seni.

Terakhir bunda ucapkan terima kasih pada pihak Pinisi yang sudah memberi kita sekeluarga kesempatan serunya bermain dan belajar di sana....Oya, sayang sekali disana belum tersedia tempat sholat, kalau bunda kebetulan kemarin sedang berhalangan untuk sholat, tapi bunda sempat dengar percakapan seorang mak blogger bertanya lokasi tempat sholat, sama mbak yang jaga di area layang-layang, kata mbaknya kalau mau sholat bisa di ruang theaternya atau keluar dulu, di lantai 5, wah...repot amat ya...Semoga nanti ke depannya di sediakan ruang khusus untuk sholat. Dari segala kekurangannya, bunda memaklumi karena memang baru di buka 2 bulan yang lalu. Dan kalau boleh saran, mungkin bisa di tambah area face painting, pasti itu akan sangat menarik sekali. Jadi saat mereka pulang, ada sisa kenang-kenangan yaitu face painting.

Tertarik untuk kesana? informasi jelasnya bisa klik di webnya, klik disini ya..Jangan lupa untuk membawa kaos kaki bila berkunjung ke sana. Karena ada beberapa area yang mengharuskan untuk memakai kaos kaki.

15 komentar:

  1. review ke 4 yang aku baca hari ini bun..bagus..bagus bagus ...tambah nyesel gak ikutan..i xi xi xi

    BalasHapus
  2. review ke 4 yang aku baca hari ini bun..bagus..bagus bagus ...tambah nyesel gak ikutan..i xi xi xi

    BalasHapus
  3. @fitri, eh iyaa kenapa ga ikutan? jadinya nyesel kaann? hehe...

    BalasHapus
  4. akhirnya posting juga ya. sarah beani juga ya di wall climbing

    BalasHapus
  5. Iya lid, malam2 baru bisa konek inetnya

    BalasHapus
  6. @lidya, iya nih lid, malam-malam baru bisa konek inetnya....

    BalasHapus
  7. Salam kenal mbak Pipit.

    Akhirnya kita ketemu juga di dunia nyata yah. hehehehe

    Btw nama ku -de-, masrafa itu panggilan utk anak ku.

    Komen2 mbak pipit di blog aku masuk kok. Cuma memang dimoderasi, karena suka banyak spam.

    BalasHapus
  8. salam kenal, wah kemaren ikutan juga yah, tapi kita belom kenalan ya, banyak blogger jd ga semua bisa saling kenalan

    BalasHapus
  9. @de, haha...iya soalnya vera selalu bilang, mampir ke blognya masrafa...qiqiqi maafkeun yaa..
    @rina, salam kenal juga, senangnya nambah teman baru...

    BalasHapus
  10. salam kenal mbak, kita berjumpa kemarin, tapi tak sempat banyak ngobrol:D, btw bagian mana yang mengharuskan memakai kaus kaki?

    BalasHapus
  11. @gesang, oya? Hehe...saya sudah setahunan sempat ga ngeblog jd banyak yg belum kenal, salam kenal ya, di area kids playground yg ada mandii bolanya di haruskan pakai kaos kaki.

    BalasHapus
  12. membaca tulisan ini jadi pengen jg dtg ke pinisi...bener2 seru abis...

    BalasHapus
  13. diriku juga dapet undangannya, pengen banget datang eh tapi ya pas banget sam acaranya Naeema....

    kapan yaa kopdaran di playground hehehe???

    BalasHapus
  14. diriku juga dapet undangannya, pengen banget datang eh tapi ya pas banget sam acaranya Naeema....

    kapan yaa kopdaran di playground hehehe???

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik