Kamis, Januari 12, 2012

Bingung Liburan Kemana ?

Sudah lama ya...bunda tidak rajin posting...emm ternyata sekarang di blog sedang ramai lomba-lomba ya...bunda jadi tertarik untuk ikutan, karya ini saya buat dalam rangka turut meramaikan hajatan Liburan Seru: Say No to Mall!

Kalau sudah waktunya liburan sekolah, yang bingung pasti emak nya nih....pusing kalau anak-anak selama liburan pada di rumah, yang ada rumah jadi berantakan belum lagi pada berantem...duuuh...emaknya langsung stress mendadak....mau tidak mau harus di direncanakan jauh-jauh hari, mau di isi kegiatan apa liburan sekolah nanti, kalau rencana rekreasi berarti sudah menabung jauh-jauh hari buat dana liburan...dan ini pun lagi-lagi emaknya yang stresss dan pusing....karena selesai liburan...anak-anak senang....emaknya kepala cenat cenut gara-gara kantong kempes.....ya nasib jadi emak....bukan begitu ibu-ibu? hahahaa...jadi curhat nih bunda...
Nah kalau mau liburan tidak keluar biaya, misalnya liburan di rumah, bisa saja....buatlah kegiatan yang semenarik mungkin... (nah ini contoh emak pelit...ups...bukan pelit tapi kreatif ...). Bunda pernah melakukannya...misalnya membuat kue, ya berhubung anak bunda 3 perempuan semua, cocok ya kalau di kasih kegiatan membuat kue...eh tapi pernah juga tetangga yang punya anak laki-laki di ajak membuat kue pun ternyata kegiatan ini bisa menarik juga buat anak laki-laki.

Nah ini azra lagi buat kue donat, oya libur puasa kemarin bunda juga sempat ajak azra dan sarah membuat kue kering, tapi sayang tidak sempat di foto.



Liburan sekolah berikutnya bunda juga pernah ajak azra melukis, beruntung bunda pernah jadi guru TK jadi bisa ajak azra melukis dari berbagai macam media misalnya dari kelereng, menjiplak tangan, atau menjiplak daun. Ini beberapa fotonya..

Melukis dengan pelepah pisang.



Ini contoh menjiplak daun, bisa sekalian juga belajar memperkenalkan macam-macam bentuk daun yang berbeda-beda... 




Ini contoh melukis dengan kelereng.



Ini melukis dengan kulit rambutan.

Ini namanya melukis cermin, jadi letakan cat asturo berbagai macam warna di tengah kertas, kemudian kertas di lipat dan di buka lagi...dan...hasilnya seperti ini, bisa di tebalkan dengan spidol pinggirannya...bisa jadi serangga atau kupu-kupu.


Hasil melukis bisa juga di jadikan bingkai pajangan...cantik kan....ini contoh melukis pakai jari (finger painting) dan melukis dengan cat minyak.




Tapi kalau selalu kegiatan di rumah selama liburan... kasian anak juga ya....sesekali kalau ada dana lebih kita rekreasi keluar, sesekali memanjakan anak-anak juga tidak apa-apa, jangan jadinya terkesan orang tua yang pelit ya..., liburan tidak pernah keluar rekreasi :) ...liburan yang sederhana saja misalnya memberi makan rusa seperti foto di bawah ini...seru kan...


Atau ke tempat rekreasi yang banyak permainan anaknya...seperti liburan sekolah kemarin, kita ke tempat rekreasi yang berlokasi di Lembang, di sana banyak permainannya seperti trambolin, naik kuda poni, fly fox, bersepeda, memancing ikan, membuat kue kering dan ke peternakan sapi...eemmm lumayan menarik bukan..? hanya dalam satu lokasi tapi banyak permainan yang bisa di ikuti anak-anak. Ini beberapa fotonya.





Oke cukup ya sharing liburannya...mudah-mudahan bisa menginspirasi ibu-ibu yang lain, dan tidak bingung lagi liburan kemana, kalau ke mall lagi...mall lagi...kasian anak ....

Selain Karya ini saya tulis dalam rangka turut meramaikan hajatan Liburan Seru: Say No to Mall!
 bunda senang karena sudah bisa update postingan dan berbagi ide mengenai liburan anak.


8 komentar:

  1. liburan kreatif, kayaknya menang nih ..

    BalasHapus
  2. Azra tampaknya sangat menikmati setiap aktivitas yang ada, terutama kegiatan melukis. Cukup inspiratif. Baik Bunda, langsung saya arsip tulisannya. Salam!

    BalasHapus
  3. liburan-liburan kayak gini justru yang asik ^^

    BalasHapus
  4. bener2 kreatif dan inspiratif, selamat bunda memang layak dapat bintang :)

    salam kenal

    BalasHapus
  5. Salam kenal Bunda :-)

    Waahh liburannya asyik banget. Kreatif. Selamat yah Bun jadi jawara di GA nya Mas Walank :-)

    BalasHapus
  6. Salam kenal juga Bunda Azra ;)

    Aku malah baru aktif ngeblognya Mbak, belakangan banyak kendala, tapi ingin bisa menyempatkan buat ngeblog, menemukan sensasi yang penih warna dengan ngeblog. Ayuh Bun kita ngeblog bareng ;)

    BalasHapus
  7. liburan yang berkesan,meskipun sederhana tetapi bernilai tinggi

    BalasHapus

maaf kalau saya belum sempat kunjungan balik